Jumat 24 Feb 2023 18:18 WIB

Forum Guru Muhammadiyah Gelar Pelatihan Matematika Nalaria Realistik

Pelatihan digelar demi meningkatkan kompetensi para guru.

Guru Muhammadiyah dalam bidang MIPA Forum Guru Muhammadiyah DKI Jakarta menggelar Pelatihan Pembelajaran Matematika Nalaria Realistik (MNR) dan Sains Nalaria Realistik (SNR) Berbasis HOTS.
Foto: KPM
Guru Muhammadiyah dalam bidang MIPA Forum Guru Muhammadiyah DKI Jakarta menggelar Pelatihan Pembelajaran Matematika Nalaria Realistik (MNR) dan Sains Nalaria Realistik (SNR) Berbasis HOTS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guru merupakan salah satu komponen penting dalam kegiatan belajar mengajar (KBM). Dalam rangka meningkatkan konpetensi, Guru Muhammadiyah dalam bidang MIPA Forum Guru Muhammadiyah DKI Jakarta menggelar Pelatihan Pembelajaran Matematika Nalaria Realistik (MNR) dan Sains Nalaria Realistik (SNR) Berbasis HOTS.

Bertempat di Fakultas Ilmu Keguruan (FKIP) UHAMKA, pelatihan diberikan bekerja sama dengan Klinik Pendidikan MIPA (KPM), dibagi menjadi dua rangkaian, yakni level sekolah dasar (SD/MI) pada 16-17 Februari 2023. Sedangkan level sekolah menengah pertama (SMP/MTs) diselenggarakan pada 23-24 Februari 2023. 

Baca Juga

Ketua Pimpinan Wilayah FGM DKI Jakarta, Adi Sugita, SAP, menyampaikan, berharap kegiatan pelatihan tersebut dapat bermanfaat bagi peserta dari kalangan guru dan tenaga kependidikan. 

“Dikarenakan gurunya sudah dilatih, semoga dapat menularkan ilmu yang didapat kepada siswa Muhammadiyah baik level SD atau SMP dan dapat berpartisipasi serta meraih prestasi membanggakan dalam kegiatan olimpiade MIPA,” ujar Adi Sugita, dalam keterangan pers, Jumat (24/2/2023).

Dia menyampaikan, pihaknya mengajak para peserta untuk bisa mengetahui kiat dan tips mengkaji materi pengantar olimpiade. Terlebih, kata Adi, pelatihan guru ini dapat terselenggara bersama KPM yang sudah ahli dalam bidang tersebut. 

“Selain materi tips dan trik pengantar olimpiade, peserta disuguhi materi mengenai masalah nyata, pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi, pemecahan masalah, eksplorasi matematika dan praktikum sains, dan diakhir sesi para peserta diberikan post test untuk mengukur sejauh mana kompetensi yang didapat guru pasca pelatihan,” papar Adi. 

Kegiatan yang diikuti masing-masing 50 peserta untuk level SD & SMP ini mendapatkan antusias tinggi dari peserta dan berharap diadakannya pelatihan lanjutan. Terbukti, seluruh peserta mengikuti pelatihan dari awal sampai dengan akhir. Di antaranya guru SD Muhammadiyah 1 Jakarta, yakni Lika Malika Kurnia dan Rahmi Assyifa Nadya Gafar. 

“Alhamdulillah sangat mantap dan keren sekali, saya mendapatkan banyak ilmu yang baru dan sangat bermanfaat untuk saya. Semoga ada pelatihan lanjutan lagi,” kata Lika.   

Hal senada juga disampaikan, Rahmi. Ia mengaku antusias mengikuti pelatihan karena materi yang disajikan. 

“Pelatihan ini dikemas dengan sangat menarik sehingga kita sebagai peserta dapat mengikuti dengan baik dari awal sampai akhir. Semoga dari pelatihan ini, semua guru dapat menerapkan ilmunya kepada anak murid dan pelatihannya digelar secara berkelanjutan,” ungkapnya.

Ingin mendapatkan manfaat yang sama dan mengikuti berbagai pelatihan dari Ridwan Hasan Saputra dan tim Klinik Pendidikan MIPA? Raih kesempatan untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari Ridwan Hasan Saputra dan tim KPM. 

Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi narahubung berikut 0821-1435-8620.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement