Jumat 24 Feb 2023 13:01 WIB

Ini Salah Satu Keuntungan Bagi Orang yang Memiliki Ilmu

Orang yang memiliki ilmu mendapatkan keutamaan.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
  Ini Salah Satu Keuntungan Bagi Orang yang Memiliki Ilmu. Foto: Memberi nasihat merupakan anjuran agama (ilustrasi).
Foto: Blogspot.com
Ini Salah Satu Keuntungan Bagi Orang yang Memiliki Ilmu. Foto: Memberi nasihat merupakan anjuran agama (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Tak kurang-kurangnya Islam memerintahkan kepada umatnya untuk senantiasa menuntut ilmu. Perintah menuntut ilmu ini bahkan dimulai dengan sinyal kuat dari redaksi pertama wahyu Allah: iqra. Dengan ilmu pula, sejatinya kemaksiatan dapat dicegah.

Rasulullah SAW berdabda, "Mencari ilmu adalah kewajiban setiap muslim, dan siapa yang menanamkan ilmu kepada yang tidak layak seperti yang meletakkan kalung permata, mutiara, dan emas di sekitar leher hewan.” (HR. Ibnu Majah).

Baca Juga

Dalam kitab Ikhtisar Ihya Ulumiddin, Imam Al-Ghazali menjelaskan orang yang menuntut ilmu dapat terselamatkan dari perkara-perkara yang membinasakannya. Dijelaskan pula bahwa dengan menuntut ilmu, manusia tengah berupaya (berikhtiar) mencari jalan terang (nur) untuk menuju kebaikan.

Ilmu yang baik, menurut Imam Al-Ghazali, adalah ilmu yang mendekatkan pemiliknya pada akhirat. Apapaun jenis ilmu yang diperolehnya, asalkan ilmu tersebut menuntunnya menuju hal-hal yang mendekatkan diri kepada Allah SWT.

 

Imam Waki guru Imam Syafii pernah memberikan wejangan tentang perkara ilmu. Dalam kitab Ianatut Thalibin, Imam Syafii bercerita: “Syakautu ila Waki-I su-a hifzhi fa arsyadani ila tarkil-ma’ashi, wa akhbarani biannal-ilma nurun wa nurullahi la yuhda li-ashi,”.

Yang artinya: “Aku pernah mengadukan kepada Imam Waki (guru Imam Syafii) tentang jeleknya hafalanku. Lalu beliau mengatakan padaku untuk meninggalkan maksiat. Imam Waki berkata bahwa ilmu adalah cahaya, dan cahaya Allah tidaklah diberikan kepada para ahli maksiat,”.

Begitu dengan cara menuntut ilmu yang baik dan benar guna mengejar cahaya Allah, maka apabila seseorang mendapatkan ilmu yang ia cari itu, maka ilmunya senantiasa akan menjaga diam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement