Kamis 23 Feb 2023 23:40 WIB

Ini 10 Dalil Keutamaan Malam Nishfu Syaban

Malam Nishfu Syaban momentum menambah ibadah.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi ibadah pada malam Nishfu Syaban.
Foto: Republika/Prayogi.
Ilustrasi ibadah pada malam Nishfu Syaban.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menukil buku Malam Nisyfu Syaban karya Hanif Luthfi disebut malam Nishfu Sya'ban adalah malam dari setengahnya bulan Sya'ban. Kalau dirujuk kepada kalender Qamariyyah, maka malam Nishfu Sya'ban jatuh pada tanggal 14 Sya'ban. Pergantian tanggal yang meggunakan patokan bulan adalah saat matahari terbenam atau malam tiba.

Adapun 10 dalil keutamaan malam Nishfu Syaban diantaranya, Pertama, Dari Aisyah dan Abu Bakar dalam Sunan Tirmidzi dan Ibnu Majah 4G 14:45

Baca Juga

حَدَّثَنَا عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: فَقَدْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْلَةً فَخَرَجْتُ، فَإِذَا هُوَ بِالبَقِيعِ، فَقَالَ: «أَكُنْتِ تَخَافِينَ أَنْ يَحِيفَ اللَّهُ عَلَيْكِ وَرَسُولُهُ»، قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، إِنِّي ظَنَنْتُ أَنَّكَ أَتَيْتَ بَعْضَ نِسَائِكَ، فَقَالَ: «إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يَنْزِلُ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا، فَيَغْفِرُ لِأَكْثَرَ مِنْ عَدَدِ شَعْرِ غَنَمِ كَلْبِ (سنن الترمذي، 107/3)

Telah menceritakan kepada kami dari 'Aisyah dia berkata, Pada suatu malam saya kehilangan Rasulullah lalu saya keluar, ternyata saya dapati beliau bersabda:

"Apakah kamu takut akan didzalimi oleh Allah dan Rasul-Nya?"

Saya berkata, wahai Rasulullah, saya mengira engkau mendatangi sebagian istri-istrimu, Lantas Nabi bersabda:

"Sesungguhnya Allah "yanzil" ke langit dunia pada malam pertengahan bulan Sya'ban, lalu mengampuni manusia sejumlah rambut (bulu) kambing." (HR. At-Tirmidzi)

Kedua, Dari Aisyah dalam Sunan Ibnu Majah

حَدَّثَنَا ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: فَقَدْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ لَيْلَةٍ، فَخَرَجْتُ أَطْلُبُهُ، فَإِذَا هُوَ بِالْبَقِيعِ رَافِعٌ رَأْسَهُ إِلَى السَّمَاءِ. فَقَالَ: «يَا عَائِشَةُ أَكُنْتِ تَخَافِينَ أَنْ يَحِيفَ اللَّهُ عَلَيْكِ وَرَسُولُهُ؟» قَالَتْ، قَدْ قُلْتُ: وَمَا بِي ذَلِكَ، وَلَكِنِّي ظَنَنْتُ أَنَّكَ أَتَيْتَ بَعْضَ نِسَائِكَ، فَقَالَ: «إِنَّ اللَّهَ تَعَالَى يَنْزِلُ لَيْلَةَ النِّصْفِمِنْ شَعْبَانَ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا فَيَغْفِرُ لِأَكْثَرَ مِنْ عَدَدِ شَعَرِ كَلْبِ» (سنن ابن ماجه 1/ 444)

Telah menceritakan dari 'Aisyah ia berkata, "Suatu malam aku kehilangan Nabi, aku pun mencarinya, dan ternyata beliau berada di Baqi menengadahkan kepalanya ke langit, beliau lalu bersabda: "Wahai 'Aisyah, apakah engkau takut Allah dan Rasul-Nya akan mengurangi (haknya) atasmu?" ia menjawab, "Aku telah mengatakan tidak, hanya saja aku khawatir engkau mendatangi salah seorang dari isterimu. "Maka beliau pun bersabda: "Sesungguhnya pada pertengahan malam Sya'ban Allah "yanzil" ke langit dunia lalu mengampuni orang-orang yang jumlahnya lebih banyak dari jumlah bulu kambing." (HR. Ibnu Majah).

Ketiga, Dari Ali bin Abu Thalib dalam Sunan Ibnu Majah

 حَدَّثَنَا عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "إِذَا كَانَتْ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ، فَقُومُوا لَيْلَهَا وَصُومُوا نَهَارَهَا ، فَإِنَّ اللَّهَ يَنْزِلُ فِيهَا لِغُرُوبِ الشَّمْسِ إِلَى سَمَاءِ الدُّنْيَا، فَيَقُولُ: أَلَا مِنْ مُسْتَغْفِرٍ لِي فَأَغْفِرَ لَهُ أَلَا مُسْتَرْزِقٌ فَأَرْزُقَهُ أَلَا مُبْتَلًى فَأُعَافِيَهُ أَلَا كَذَا أَلَا كَذَا، حَتَّى يَطْلُعَ الْفَجْرُ"

(سنن ابن ماجه 444/1(

Telah menceritakan dari Ali bin Abu Thalib ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila malam Nishfu Sya'ban (pertengahanbulan Sya'ban), maka shalatlah di malam harinya dan berpuasalah di siang harinya. Sesungguhnya Allah "yanzil" ke langit bumi pada saat itu ketika matahari terbenam, kemudian Dia berfirman: "Adakah orang yang meminta ampun kepada-Ku, maka Aku akan mengampuninya? Adakah orang yang meminta rizki maka Aku akan memberinya rizki? Adakah orang yang mendapat cobaan maka Aku akan menyembuhkannya? Adakah yang begini, dan adakah yang begini hingga terbit fajar." (HR. Ibnu Majah).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement