Rabu 22 Feb 2023 13:43 WIB

11 Catatan Penting Tercipta Setelah Liverpool Dipermalukan Real Madrid di Anfield

Ini jadi kekalahan yang sangat menyesakkan bagi Liverpool.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Pemain Real Madrid Eder Militao (kiri) berselebrasi setelah mencetak gol ketiga timnya pada Liga Champions, babak 16 besar, pertandingan sepak bola leg pertama antara Liverpool dan Real Madrid di stadion Anfield di Liverpool, Inggris,  Rabu (22/2/2023) dini hari WIB.
Foto: AP Photo/Jon Super
Pemain Real Madrid Eder Militao (kiri) berselebrasi setelah mencetak gol ketiga timnya pada Liga Champions, babak 16 besar, pertandingan sepak bola leg pertama antara Liverpool dan Real Madrid di stadion Anfield di Liverpool, Inggris, Rabu (22/2/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Liverpool baru saja mengalami kekalahan menyesakkan. The Reds tak berdaya saat jumpa Real Madrid pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions musim 2022/23. 

Wakil Inggris itu takluk 2-5 dari El Real di Stadion Anfield, Rabu (22/2/2023) dini hari WIB.  Kubu Merseyside Merah menelan pil pahit. Kesekian kalinya mereka dipecundangi lawan yang sama. Berikut sejumlah data dan fakta yang tercipta selepas partai ini, dikutip dari laman resmi UEFA.

Baca Juga

 

4 Sebelum duel yang baru saja berlangsung, Liverpool belum pernah kebobolan empat gol di kandang, pada kompetisi Eropa.

 

1 Ini pertama kalinya Liverpool kalah pada leg pertama di kandang, di pentas Eropa, dari tim di luar Inggris. Dua kekalahan Liverpool sebelumnya pada leg pertama ajang benua biru, terjadi saat bertemu rival domestik. Pertama pada semifinal Inter-Cities Fairs Cup musim 1970/71 melawan Leeds United. Berikutnya saat jumpa Chelsea pada perempatfinal Liga Champions musim 2008/09.

 

42 Mohamed Salah telah mencetak gol terbanyak sepanjang masa Liverpool di kompetisi Eropa. Selama berpetualang di benua biru bersama the Reds, Salah sudah mencetak 42 gol. Ia unggul sebiji angka atas legenda hidup Merseyside Merah, Steven Gerrard.

 

44 Mohamed Salah sudah mencetak 44 gol di Liga Champions. Ia pemain Afrika dengan koleksi gol terbanyak di kompetisi ini, sejajar dengan Didier Drogba.

 

18 Stefan Bajcetic menjadi pemain termuda yang menjadi starter Liverpool di Liga Champions. Saat jumpa Real Madrid, ia berusia 18 tahun 122 hari.

 

4 Darwin Nunez telah mencetak empat gol beruntun bersama Liverpool di pentas UCL, dan mencetak empat gol berturut-turut di fase sistem gugur kompetisi terelit benua biru.

 

7 Real Madrid tak terkalahkan dalam tujuh pertandingan terakhir melawan Liverpool. Selama periode tersebut, El Real meraih enam kemenangan dan satu duel berkesudahan imbang.

 

19 Karim Benzema, pemain pertama yang mencetak gol di Liga Champions selama 19 tahun kalender secara beruntun. Itu terhitung sejak 2005 hingga 2023.

 

3 Vinicius Junior telah mencetak gol ke gawang Liverpool di babak sistem gugur, selama tiga musim berturut-turut.

 

22 Berusia 22 tahun 224 hari, Vinicius jadi pemain tim tamu termuda yang mencetak dua gol ke gawang Liverpool di Anfield dalam kompetisi elite Eropa. Ia mengikuti jejak Johan Cryuff bersama Ajax Amsterdam pada Desember 1966. Cryuff melakukannya saat berusia 19 tahun 233 hari.

 

6 Karim Benzema telah mencetak enam gol ke gawang Liverpool di pentas Liga Champions. Sebanyak empat di antaranya, terjadi di Stadion Anfield.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement