Ahad 19 Feb 2023 10:30 WIB

GACA Arab Saudi Pastikan Bandara Kertajati Siap Layani Penerbangan Haji

Bandara Kertajati penuhi persyaratan untuk penerbangan haji.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Muhammad Hafil
GACA Arab Saudi Pastikan Bandara Kertajati Siap Layani Penerbangan Haji. Foto:   Petugas saat membersihkan area Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (26/1/2022). Bandara Halim Perdanakusuma ditutup sementara mulai hari ini selama 3,5 bulan dalam rangka revitalisasi. Selama masa revitalisasi operasional penerbangan dialihkan ke lima bandara yaitu Soekarno Hatta, Husein Sastranegara, Kertajati, Pondok Cabe dan Budiarto Republika/Putra M. Akbar
Foto: Republika/Putra M. Akbar
GACA Arab Saudi Pastikan Bandara Kertajati Siap Layani Penerbangan Haji. Foto: Petugas saat membersihkan area Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (26/1/2022). Bandara Halim Perdanakusuma ditutup sementara mulai hari ini selama 3,5 bulan dalam rangka revitalisasi. Selama masa revitalisasi operasional penerbangan dialihkan ke lima bandara yaitu Soekarno Hatta, Husein Sastranegara, Kertajati, Pondok Cabe dan Budiarto Republika/Putra M. Akbar

IHRAM.CO.ID,JAKARTA – Otoritas penerbangan sipil atau General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi memastikan Bandara Kertajati, Jawa Barat siap melayani penerbangan haji. Bandara Kertajati telah memenuhi persyaratan standar pelayanan penerbangan haji setelah dilakukan peninjauan oleh tim GACA 15 Februari 2023.

“Tim GACA telah melakukan peninjauan kesiapan layanan Bandara Kertajati untuk penerbangan haji dan sejumlah persyaratan yang diminta telah memenuhi standar,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub M Kristi Endah Murni dalam pernyataan tertulisnya, Sabtu (18/2/2023).

Baca Juga

Kristi menjelaskan, kesiapan Bandara Kertajati menjadi bandara embarkasi haji tersebut dipastikan melalui pemenuhan standar aspek keamanan dan keselamatan penerbangan. Selain itu juga berdasarkan aspek pelayanan serta aspek lainnya seperti pelayanan keimigrasian, kepabeanan, dan kekarantinaan.

Dia menuturkan, untuk selanjutnya GACA akan mengirimkan surat clearance kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub. “Ini sebagai bukti hasil peninjauan dan pengamatan langsung ke Bandara Kertajati,” tutur Kristi.

Setelah Kementerian Perhubungan menerima surat clearance, Kristi mengatakan masyarakat Jawa Barat dapat melakukan penerbangan haji melalui Bandara Kertajati. Dengan begitu penerbangan tidak akan perlu dilakukan melalui Bandara Soekarno-Hatta saja.

“Tentunya akan menjadi suatu kebanggaan bagi calon jamaah haji yang berasal dari Jawa Barat dan sekitarnya dapat berangkat melalui Bandara Kertajati karena dapat menghemat waktu dan tidak perlu jauh-jauh menempuh jalur darat ke Bandara Soekarno-Hatta,” jelas Kristi.

 

Kristi meminta semua stakeholder penerbangan yang terlibat dalam persiapan penerbangan haji menjalankan pelayanan sesuai prosedur yang telah ditetapkan. Dengan begitu menurutnya penyelenggaraan penerbangan haji yang tinggal beberapa bulan dapat terselenggara dengan baik. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement