Ahad 19 Feb 2023 05:37 WIB

Ciri-Ciri Nabi Isa yang Kelak akan Kembali Hidup dan Membunuh Dajjal Pertanda Kiamat

Nabi Isa akan kembali ke dunia sebagai bagian dari umat Muhammad SAW

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Kisah Nabi Isa. Nabi Isa akan kembali ke dunia sebagai bagian dari umat Muhammad SAW
Foto: wikipedia
Ilustrasi Kisah Nabi Isa. Nabi Isa akan kembali ke dunia sebagai bagian dari umat Muhammad SAW

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Nabi Isa alaihissalam adalah nabi yang jaraknya paling dekat dengan Nabi Muhammad SAW. Bahkan tidak ada nabi yang diutus Allah SWT di antara masanya Nabi Isa dan Nabi Muhammad SAW.

Dan dalam banyak riwayat Nabi Isa akan turun kembali ke bumi sebagai umat Nabi Muhammad untuk membunuh Dajjal, pertanda dekatnya kiamat. Lalu seperti apa ciri fisik Nabi Isa?

Baca Juga

 

Rasulullah SAW pernah menjelaskan sekilas tentang ciri-ciri fisik nabi Isa. Disebutkan bahwa nabi Isa itu tingginya sedang dengan kulit antara kemerahan dan keputih-putihan. Nabi Isa mengenakan pakaian kekuning-kuningan dan seakan menetes air dari kepalanya. N

 

 وإني أولى الناس بعيسى ابن مريم، لأنه لم يكن بيني وبينه نبي، وإنه نازل، فإذا رأيتموه فاعرفوه: رجل مربوع - أي: وسطًا بين الطويل والقصير - إلى الحمرة والبياض، عليه ثوبان ممصران كأن رأسه يقطر، وإن لم يصبه بلل، فيدق الصليب، ويقتل الخنزير، ويضع الجزية، ويدعو الناس إلى الإسلام))؛ [حديث صحيح، مسند أحمد، ج: 15 ص: 1530 حديث: 9270].

Diriwayatkan Imam Ahmad dari Abi Hurairah, Nabi SAW bersabda, "Dan aku orang yang lebih berhak kepada Isa bin Maryam, karena tidak ada Nabi di antara aku dengannya, dan bahwa dia akan turun, maka apabila kalian melihatnya kenalilah, dia adalah seorang laki yang tingginya sedang. Yakni antara tinggi dan pendek. Antara kemerahan dan keputih-putihan. Dia memakai dua pakaian mumshirani ( pakaian yang berwarna kekuning-kuningan), seakan-akan kepalanya meneteskan air, meskipun tidak terkena basahan air, maka dia  mematahkan salib, dan membunuh babi, dan menghapuskan jizyah, dan menyeru manusia kedalam Islam." (HR Imam Ahmad) 

Baca juga: Ketika Sayyidina Hasan Ditolak Dimakamkan Dekat Sang Kakek Muhammad SAW

Maka kelak Allah SWT akan mengutus Nabi Isa di akhir zaman dan membunuh Dajjal. Maka setelah itu kehidupan di dunia akan amana dan damai. Nabi Isa akan tinggal di bumi selama empat puluh tahun dan kemudian Allah mencabut nyawanya. 

ويهلك الله في زمانه الملل كلها إلا الإسلام ، ويهلك الله في زمانه المسيح الدجال ، ثم تقع الأمنة على الأرض ، حتى ترتع الأسود مع الإبل ، والنمار مع البقر ، والذئاب مع الغنم ، ويلعب الصبيان بالحيات لا تضرهم ، فيمكث أربعين سنة ، ثم يتوفى ، ويصلي عليه المسلمون

Dan di zamannya Allah melenyapkan semua ajaran kecuali islam, dan Allah Menghancurkan di zamannya Dajjal, kemudian rasa aman menyelimuti bumi, hingga bercampur harimau dengan sapi, serigala dengan kambing,anak-anak bermain dengan ular namun tidak melukai mereka, lalu dia tinggal selama empat puluh tahun, kemudian wafat, dan di sholatkan oleh kaum Muslimin."      

 

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement