Ahad 12 Feb 2023 07:55 WIB

12 Keutamaan dan Kemuliaan yang Melekat di Masjid Al Aqsa Ini Penting Diketahui Muslim   

Masjid Al Aqsa merupakan kiblat pertama umat Islam sebelum Kabah di Masjidil Haram

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Kompleks MaiMasjid Al Aqsa merupakan kiblat pertama umat Islam sebelum Kabah di Masjidil Haram
Foto:

Kelima,  banyak sahabat yang dimakamkan. Seorang peneliti Al Aqsa,  Mohamed Abdul Rahman mengungkapkan dalam artikelnya tentang makam tersebut di media al-Yaum as-Sabi edisi 18 Maret 2021, bahwa di dalam pemakaman Bab al-Rahma berisi banyak kuburan para sahabat dan pejuang Palestina. 

Di antaranya yang utama adalah mereka para syuhada yang ikut serta dalam pembebasan Masjid Al Aqsa pada masa Khalifah Umar bin Khattab dan era Panglima Shalahuddin al-Ayyubi. 

Menurut penelitian yang diterbitkan Journal of Palestine Studies edisi 117 tahun 2019, Dr Nazmi Al-Jubeh menulis tulisan ilmiah “Gerbang Rahmat”, yang isinya menyebutkan bahwa kuburan Bab Ar-Rahmah adalah kuburan Islam tertua di Yerusalem.

Beberapa syuhada generasi pertama umat Islam yang menetap di Yerusalem dimakamkan di dalamnya. Itu berlangsung sejak Yerusalem dalam penguasaan Islam sekitar 638 M.

Tercatat nama sahabat Ubadah bin Shamit, hakim Muslim pertama yang ditunjuk untuk Palestina. 

Ada juga sahabat Syaddad ibn Aus, seorang ulama dan wali Homs sebelum dia menetap di Yerusalem dan dimakamkan di sana. Termasuk sejumlah besar tabiin dan tokoh Islam periode berikutnya. 

Baca juga: Mualaf Prancis William Pouille, Kecintaannya kepada Arab Saudi Mengantarkannya ke Islam

Para syuhada warga Palestina juga dimakamkan di kuburan tersebut. Mereka adalah para pejuang 1948, 1967, Intifada 1987, Intifada 2000, Pembantaian Al-Aqsa 1990, hingga Terowongan Intifadah 1996. 

Keenam, banyak keajaiban Allah terjadi di Baitul Maqdis. Salah satu kejadian Allah SWT adalah mengangkat Rasulullah dari Masjid Al Aqsa ke Sidratul Muntaha untuk menerima perinta sholat lima waktu

Ketujuh, Allah SWT memberkati Al Aqsa. Kedelapan, disebut secara langsung dan tak langsung dalam Alquran sebanyak 70 kali

Kesembilan, tempat para malaikat turun membawa wahyu. Kesepuluh, satu-satunya tempat di bumi di mana para Rasul sholat berjamaah dengan nabi Muhammad sebagai imamnya. 

 

Kesebelas, satu-satunya masjid yang disebutkan namanya dalam Alquran selain Kabah. Kedua belas, ada sepuluh gerbang terbuka menuju dan keluar dari Masjid Al Aqsa. Sembilan di antaranya dapat digunakan umat Islam, kecuali Gerbang Maroko (Bab al-Magharib) yang khusus untuk non-Muslim.     

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement