Ahad 12 Feb 2023 07:55 WIB

12 Keutamaan dan Kemuliaan yang Melekat di Masjid Al Aqsa Ini Penting Diketahui Muslim   

Masjid Al Aqsa merupakan kiblat pertama umat Islam sebelum Kabah di Masjidil Haram

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Kompleks MaiMasjid Al Aqsa merupakan kiblat pertama umat Islam sebelum Kabah di Masjidil Haram
Foto: AP/ Mahmoud Illean
Kompleks MaiMasjid Al Aqsa merupakan kiblat pertama umat Islam sebelum Kabah di Masjidil Haram

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Masjid Al Aqsa Palestina menjadi salah satu tempat suci yang begitu dimuliakan setiap umat Muslim. Sebab pada masa lalu masjid ini pernah menjadi kiblat utama umat Muslim.

Selain itu di tempat ini pula Rasulullah SAW memimpin sholat bersama para nabi dan rasul lainnya dalam peristiwa Isra dan Miraj. 

Baca Juga

Berikut keutamaan dan pentingnya Masjid Al Aqsa bagi setiap mukmin yang dirangkum Republika.co.id dari berbagai sumber: 

Pertama, kiblat pertama bagi umat Islam. Masjid Al Alqsa atau disebut juga Baitul Maqdis pernah menjadi kiblat bagi umat Muslim. 

Hingga ketika Rasulullah SAW sedang melaksanakan sholat di Masjid Bani Salamah dan menghadap ke Masjid Al Aqsa pada 2 Hijriyah, Rasulullah SAW mendapatkan wahyu dari Allah SWT yang berisi perintah untuk mengubah posisi kiblat dari Masjid Al Aqsa ke Masjidil Haram atau Kabah. 

Perintah Allah SWT untuk mengubah kiblat ke Kabah ini terdapat pada surat Al Baqarah ayat 144.

قَدْ نَرَىٰ تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِي السَّمَاءِ ۖ فَلَنُوَلِّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضَاهَا ۚ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۚ وَحَيْثُ مَا كُنْتُمْ فَوَلُّوا وُجُوهَكُمْ شَطْرَهُ ۗ وَإِنَّ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ لَيَعْلَمُونَ أَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَبِّهِمْ ۗ وَمَا اللَّهُ بِغَافِلٍ عَمَّا يَعْمَلُونَ

"Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Al Kitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan."

Kedua, Tempat pemberhentian dalam peristiwa Isra dan Miraj. Allah SWT memberangkatkan Rasulullah dari Masjidil Haram ke Masjid Al Aqsa (Isra). Setelah itu dari Masjid Al Aqsa Rasulullah dinaikkan ke Sidratul Muntaha (Miraj). Sebagaimana firman Allah SWT: 

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

“Mahasuci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjid Al Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Mahamendengar lagi Mahamengetahui (QS Al Isra ayat 1)

Ketiga, Baitullah kedua yang dibangun di bumi. Masjid Al Aqsa adalah masjid yang kedua dibangun di bumi setelah Masjidil Haram di Makkah. 

Sejumlah ulama berpendapat bahwa Al Aqsa dibangun malaikat, namun jumhur ulama berpendapat bahwa Al Aqsa dibangun Nabi Adam. 

Keempat, tempat yang paling banyak nabi dan rasul dimakamkan. Sejumlah sejarawan berpendapat bahwa ada beberapa nabi yang dimakamkan sekitar di kawasan Baitul Maqdis di anataranya adalah Nabi Dawud yang meninggal pada tahun 963 sebelum Masehi dan dimakamkan di Bukit Zion, Yerusalem.

Makamnya disebut sebagai al-Nabi Dawud dan diklaim sebagai tempat suci bagi pemeluk Yahudi. Makam Nabi Sulaiman menjadi salah satu hal yang fenomenal di Kompleks Al Aqsa. 

Baca juga: 4 Sosok Wanita yang Bisa Mengantarkan Seorang Mukmin ke Surga, Siapa Saja?  

Menurut sejarah, makam tersebut merupakan tempat dia meninggal dunia sembari bersandar pada tongkatnya. 

Ada juga Nabi Yaqub yang dimakamkan di Hebron, Tepi Barat, di dalam Masjid Ibrahimi. Begitu juga Nabi Yusuf, Dia disemayamkan tak jauh dari ayahnya di Masjid Ibrahimi, Hebron, Tepi Barat. 

Nabi Musa pada akhir hayatnya, makam Nabi Musa berlokasi di Selatan Jericho, Tepi Barat Palestina. Dan Nabi Ibrahim disemayamkan di Masjid Al-Khalil, Kota Hebron, Tepi Barat Palestina.   

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement