Jumat 10 Feb 2023 11:16 WIB

Saudi Luncurkan Platform Daring Guna Rampingkan Layanan bagi Jamaah Haji

Platform daring memudahkan pelayanan haji.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi ibadah haji.
Foto: AP Photo/Amr Nabil
Ilustrasi ibadah haji.

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Kementerian Haji dan Umrah Saudi telah meluncurkan platform bagi peziarah dan jamaah haji dari luar negeri. Adanya platform ini digunakan untuk perencanaan dan pemesanan perjalanan mereka, sekaligus merampingkan layanan yang ditawarkan.

Platform yang diberi nama Nusuk ini memiliki tujuan memudahkan jamaah haji membeli paket layanan, serta mendapatkan visa tanpa harus melalui agen eksternal. Tidak hanya itu, di dalamnya juga ditawarkan opsi untuk meningkatkan pengalaman keagamaan dan budaya, bagi mereka yang mengunjungi Kerajaan Saudi.

Baca Juga

Dilansir di Arab News, Jumat (10/2/2023), Kementerian Haji menyebut melalui portal tersebut mereka berupaya memberikan kesempatan yang sama, bagi semua umat Islam di dunia yang ingin menunaikan ibadah haji.

Layanan tersebut memungkinkan jamaah untuk mendaftar, memilih dan membayar paket layanan. Hal ini sudah termasuk akomodasi, makan, penerbangan, layanan bimbingan dan transportasi.

Adapun platform ini tersedia dan bisa digunakan oleh peziarah dari Prancis, Jerman, AS, Inggris, Italia, Brasil, Spanyol, Kanada, Belanda, Belgia, Swedia, Austria, Australia, Bulgaria, Argentina, Yunani, Georgia dan Swiss. Selain itu, hal ini juga bisa dimanfaatkan oleh Muslim di Siprus, Denmark, Venezuela, Ukraina, Norwegia, Trinidad dan Tobago, Finlandia, Kolombia, Guyana, Suriname, Irlandia, Rumania, Kroasia, Selandia Baru, Serbia, Portugal, Polandia, Reuni, Hongaria, Panama, serta Republik Ceko.

Tidak ketinggalan, mereka yang tinggal Luksemburg, Paraguay, Meksiko, Chili, Malta, Haiti, Peru, Republik Dominika, Kuba, Guatemala, El Salvador, Uruguay, Jamaika, Kosta Rika, Nikaragua, Islandia, Ekuador, Bolivia dan Greenland juga bisa merasakannya.

Platform Nusuk telah dilengkapi dengan tujuh bahasa, untuk membantu pengguna membuat profil mereka dan memasukkan data, memesan dan mengulas paket layanan, mengirimkan dokumentasi, hingga melakukan pembayaran. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement