Jumat 10 Feb 2023 04:50 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Sujud Seorang Hamba

Sujud di hadapan Allah SWT adalah bentuk rasa taat dan tunduknya seorang hamba.

Sujud saat sholat (ilustrasi). Naskah Khutbah Jumat: Sujud Seorang Hamba
Foto:

Kaum Muslimin Jama’ah Jum’at Rahimani wa Rahimakumullah

Janji Allah SwT begitu besar kepada hamba-hamba-Nya yang beriman dan bertaqwa dengan melaksanakan shalat dan sujud di hadapan-Nya seraya memuji dan memohon ampun. Allah SwT juga sangat cinta dan senang kepada hambanya yang selalu memujinya. Karena pujian yang seorang hamba ucapkan merupakan bentuk rasa cinta dan sayangnya dia kepada Allah SwT. Sebagaimana di dalam sebuah hadis dijelaskan kalimat yang ringan diucapkan namun berat di timbangan “Subahanallahi wa bi hamdih, Subhanallahil ‘adzim”.

Dengan demikian sudah jelas, hamba-hamba yang senantiasa mengerjakan shalat lima waktu, adalah hamba-hamba yang senantiasa sujud di hadapan Allah SwT seraya meuji, mengagungkan dan memohon ampun kepada Allah SwT. Shalat bukan hanya menjadi ibadah yang wajib dilaksanakan, namun di luar itu semua, shalat adalah bentuk identitas aqidah umat Islam. Maka kerjakanlah shalat dengan ikhlas dan tepat waktu, jadikan shalat sebagai kebiasaan bukan hanya kewajiban. Karena sebagaimana janji Allah SwT, orang-orang yang senantiasa bersujud kepada-Nya, maka Allah SwT akan masukkan kedalam surga. Mudah-mudahan kita semua termasuk hamba-hambanya yang selalu mengerjakan shalat, aamiin.

أقُوْلُ قَوْلِي هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِي وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ المُسْلِمِيْنَ وَالمُسْلِمَاتِ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَحِيْمُ

 

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2023/02/09/sujud/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement