Kamis 09 Feb 2023 11:12 WIB

Rahasia Tyo Eks Drummer Dewa 19 Awet Muda tak Makan Garam, Ini Tanggapan Dokter Kecantikan

Tyo eks drummer Dewa 19 mengaku tidak mengonsumsi garam dan msg.

Baru-baru ini di media sosial warganet ramai merespons unggahan eks pemain drum Dewa 19 Tyo Nugros (Setyo Nugroho) yang membagikan pengalaman gaya hidupnya dengan tidak mengonsumsi garam dan penguat rasa (mecin). (Foto: ilustrasi garam)
Foto: Pixabay
Baru-baru ini di media sosial warganet ramai merespons unggahan eks pemain drum Dewa 19 Tyo Nugros (Setyo Nugroho) yang membagikan pengalaman gaya hidupnya dengan tidak mengonsumsi garam dan penguat rasa (mecin). (Foto: ilustrasi garam)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baru-baru ini di media sosial warganet ramai merespons unggahan eks pemain drum Dewa 19 Tyo Nugros (Setyo Nugroho) yang membagikan pengalaman gaya hidupnya dengan tidak mengonsumsi garam dan penguat rasa (mecin). Gaya hidupnya ini disebut sebagai rahasia awet mudanya.

Menanggapi hal itu, dokter kecantikan dr Abelina Dini Fitria berpendapat bahwa bukan hanya menghindari garam dan mecin, tapi juga perlu mengurangi asupan gula dan turunannya, hingga tepung. Gaya hidup menghindari makanan ini bisa membuat kulit sehat dan tidak terlihat cepat tua.

Baca Juga

"Gula itu tidak cuma dari minuman manis tapi dari tepung seperti bakso, mie instan. Gula memicu radang," ucap Abelina saat ditemui di acara peluncuran produk Sharp di Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Abelina menyebut garam dan mecin tidak berpengaruh besar untuk menjadikan wajah awet muda. Justru salah satu pengaruh terbesar kulit cepat terlihat tua adalah dengan konsumsi gula. Cara lainnya untuk mencegah penuaan di kulit adalah dengan memperbaiki gaya hidup dan kelola stres. 

 

"Pengaruh anti aging ke pria pertama stres, merokok, polusi, selain itu semakin tua hormon testosteronnya turun," kata Abelina menjelaskan.

Menurut Abelina, semakin bertambah umur, hormon testosteron pria akan menurun dan membuat lebih cepat tua. Selain itu, akan timbul pula masalah rambut rontok dan jika ada darah tinggi serta diabetes hasrat seksual juga akan menurun.

Dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan ini membagikan cara menjaga kulit tetap awet muda dan sehat terutama bagi pria usia 50 tahun ke atas, yakni dengan mengatur gaya hidup dan lakukan pola diet yang proporsional. Selain itu juga perbanyak makan makanan yang sehat serta sayur segar dan tidak mengonsumsi makanan olahan.

"Olahraga bagus kardio karena kalau laki-laki 50 tahun ke atas itu banyak lemaknya di organ, jadi tidak bisa dibantu sama angkat beban, itu harus diet beneran jadi harus kardio olahraganya, jauhi alkohol dan hal yang sudah jelas berbahaya dihindari," katanya.

Olahraga berenang, jogging dan menaiki tangga juga bagus untuk menjaga kesehatan sendi lutut. Kemudian, tidak lupa juga untuk mengonsumsi kalsium, baik dari bahan makanan maupun suplemen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement