Selasa 07 Feb 2023 02:09 WIB

Keutamaan Sujud dan Manfaatnya

Inilah saatnya untuk berdoa dan meminta semua yang kamu inginkan kepada Allah SWT.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Sujud saat sholat (ilustrasi). Keutamaan Sujud dan Manfaatnya
Foto: Republika
Sujud saat sholat (ilustrasi). Keutamaan Sujud dan Manfaatnya

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Sajdah atau sujood dalam bahasa Arab berarti sujud. Sujud adalah sesuatu yang terjadi dalam berbagai budaya dan agama. Namun sebagai Muslim, kita bersujud dengan cara yang benar-benar eksklusif.

Pertama-tama, Muslim hanya bersujud kepada Allah dan tidak ada yang lain. Kedua, posisi sujud, dahi menyentuh bumi secara eksklusif dikaitkan dengan bentuk sholat Muslim. Itu adalah klimaks dari sholat.

Baca Juga

Ibnu Al-Qayyim menggambarkan sujud sebagai rahasia sholat, pilar terbesar dan penutup rukuk. Dia mengatakan semua tindakan lain yang kita lakukan sebelumnya hanyalah pendahuluan.

Nabi Muhammad SAW berkata, "Yang terdekat seorang hamba datang kepada Tuhannya adalah ketika dia bersujud, jadi berdoalah (dalam keadaan ini)." ( HR Al-Bukhari)

 

Subhanallah, saat kita berada di posisi paling bawah, kita paling dekat dengan Yang Maha Tinggi, Allahu Akbar.

Manfaat Sujud

Dilansir dari About Islam pada Senin (6/2/2023), pertanyaannya adalah, apakah kamu mendapat manfaat dari sujud kamu? Setiap sujud adalah harta karun. 

Ibnu Taimiyyah mengatakan bahwa jiwa orang dibawa lebih dekat kepada Allah selama sujud. Inilah saatnya untuk berdoa dan meminta semua yang kamu inginkan kepada Allah SWT.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement