Selasa 07 Feb 2023 02:09 WIB

Keutamaan Sujud dan Manfaatnya

Inilah saatnya untuk berdoa dan meminta semua yang kamu inginkan kepada Allah SWT.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Sujud saat sholat (ilustrasi). Keutamaan Sujud dan Manfaatnya
Foto:

Cara Bersujud dengan Hati

Jangan mengangkat kepala kamu dari lantai sampai kamu mendapatkan setidaknya satu Subhana Rabbiyal A'la yang berasal dari hati, pikiran, lidah, dan anggota tubuh. Perkecil bayangkan diri kamu seperti ada kamera di atas kamu yang naik dan naik dan bantu diri kamu dengan perasaan dan menjadi kecil di hadapan Allah SWT.

Mintalah setidaknya tiga hal yang kamu inginkan dalam setiap sujud. Jika setan mendatangi kamu dan memberi tahu kamu bahwa kamu pamer jika kamu melakukan sujud panjang, buatlah lebih lama lagi. Hilangkan pikiran tentang waktu dari pikiran kamu.

Bayangkan diri kamu bersujud di Makkah atau bayangkan setiap orang beriman bersujud di Hari Akhir. Sadarilah bahwa Allah Yang Maha Kuasa memiliki kekuatan dan hak penuh untuk menghancurkan kamu saat itu juga untuk jutaan kali kamu terpeleset, melakukan kesalahan, dan lain-lain

Tempatkan diri kamu pada posisi seorang tahanan Muslim. Bayangkan diri kamu melakukan sujud di sel kecil yang kotor dengan empat dinding yang menutupi.

Lakukan sujud di tempat-tempat acak dan bervariasi sebanyak yang kamu bisa, karena setiap tanah tempat kamu bersujud akan bersaksi untuk kamu di Hari Pengadilan. Jika kamu tidak bisa meneteskan air mata setidaknya satu kali saat sujud atau saat sholat, maka ingatlah yang dilakukan Umar ketika dia berpura-pura menangis jika tidak bisa menangis.

Bayangkan Nabi Muhammad SAW melakukan sujud. Lakukan sujud al-syukr (sujud syukur). Nabi sering sujud menanggapi musibah atau berkah yang datang kepadanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement