Selasa 07 Feb 2023 02:09 WIB

Keutamaan Sujud dan Manfaatnya

Inilah saatnya untuk berdoa dan meminta semua yang kamu inginkan kepada Allah SWT.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Sujud saat sholat (ilustrasi). Keutamaan Sujud dan Manfaatnya
Foto:

Dalam ayat tersebut kita membaca bahwa apapun yang ada di langit dan di bumi bersujud kepada Allah Yang Maha Esa. Matahari, bulan, bintang, pohon, dan binatang semuanya bersujud kepada-Nya.

Ibnu Taimiyyah berkata bahwa sujudnya makhluk ciptaan ini tidak berarti bahwa mereka meletakkan dahinya di tanah. Maka kita sebagai manusia bersujud dengan cara yang sesuai dengan diri kita, dengan cara yang terkenal, di atas tujuh bagian tubuh.

Matahari bersujud dengan cara yang sesuai. Abu Dzar menceritakan, “Nabi Muhammad SAW mengatakan ketika matahari telah terbenam: Apakah kamu tahu kemana perginya? Saya mengatakan: Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu."

Rasulullah SAW berkata: Ia telah sujud di bawah Arsy, kemudian ia meminta izin untuk bangkit, namun segera ia akan sujud dan sujudnya tidak diterima, dan ia akan meminta izin untuk bangkit dan itu tidak akan diberikan kepadanya, dan ia akan dikatakan kepadanya, “Kembalilah dari tempat asalmu,” dan ia akan terbit dari barat.

Inilah yang dikatakan Allah: (Suatu tanda juga atas kekuasaan Allah bagi mereka adalah) matahari yang berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan (Allah) Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. (QS Yasin: 38) (HR Al-Bukhari)

Jadi sekarang kita tahu kita harus mengambil setiap kesempatan yang kita miliki untuk sujud. Tapi bagaimana dengan kualitas sujud kita? Apa yang kita rasakan ketika kita melakukan sujud?

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement