Selasa 07 Feb 2023 02:09 WIB

Keutamaan Sujud dan Manfaatnya

Inilah saatnya untuk berdoa dan meminta semua yang kamu inginkan kepada Allah SWT.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Sujud saat sholat (ilustrasi). Keutamaan Sujud dan Manfaatnya
Foto:

Keutamaan Sujud

Nabi Muhammad SAW mengatakan, "Pastilah umatku pada hari itu memiliki wajah yang cerah karena sujud, dan lengan dan kaki yang cerah karena wudhu." (HR Ahmad)

Sujud sangat penting sehingga setan membenci kita karenanya. Diriwayatkan bahwa ketika salah satu dari kami membaca ayat sujud dan kemudian jatuh dalam sujud, setan masuk ke pengasingan dan menangis. Kemudian setan berkata, "Celakalah aku, anak Adam diperintahkan untuk bersujud, dan dia bersujud dan surga berhak untuknya dan aku diperintahkan untuk bersujud, tapi aku menolak dan dikutuk ke neraka." (HR Muslim)

Sujud Baik untuk Otak

Menjadi dekat dengan Tuhanmu adalah kebajikan yang paling indah dari sujud. Tapi tahukah kamu melakukan sujud juga memiliki dampak yang luar biasa pada tubuh kamu?

Saat kamu masuk ke posisi sujud, seluruh tubuh kamu dalam gerakan aktif. Ketika kamu mengistirahatkan dahi kamu di tanah sementara tangan kamu diletakkan di samping, itu memberi sebagian besar otot tubuh latihan. Tangan kamu kemudian direntangkan sedemikian rupa sehingga otot lengan bawah dan lengan menahan beban.

Sujud adalah posisi yang unik karena otak (atau kepala) kamu menjadi lebih rendah dari jantung, sehingga darah mengalir ke otak. Otak menerima lebih banyak nutrisi, yang berdampak baik pada memori, penglihatan, pendengaran, konsentrasi, jiwa, dan semua kemampuan kognitif lainnya.

Otot leher kamu menjadi lebih kuat karena harus memikul beban saat dahi menyentuh tanah. Karenanya, otot leher menjadi lebih kuat dan kecil kemungkinan kamu mengalami sakit leher biasa. Hal yang sama berlaku untuk punggung kamu. Saat melakukan sujud dan bangkit darinya, otot punggung berkontraksi secara aktif dan menjadi lebih kuat.

Ingatlah sujud tidak dimaksudkan sebagai latihan, namun ada banyak keuntungan medis yang terkait dengannya. Tetap saja, berkah terbaik adalah ketenangan pikiran yang kamu dapatkan, mengetahui bahwa kamu dekat dengan Yang Tercinta.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement