Selasa 31 Jan 2023 12:06 WIB

Tiga Tips Membangun Rumah Tangga Harmonis Menurut Alquran

Pernikahan berperan penting dalam menghasilkan generasi muda umat Islam yang taat.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Pernikahan dan menikah (Ilustrasi). Tiga Tips Membangun Rumah Tangga Harmonis Menurut Alquran
Foto:

Berdoa agar Allah menjadikan pasangannya sebagai penyejuk hatinya

وَٱلَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا   

“Dan orang-orang yang berkata, ‘Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami sebagai pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa’.” (QS al-Furqan: 74)

Dalam ayat ini, Alquran menggenapi sifat orang-orang shalih yang Allah juluki dengan ibad ar-rahman (hamba milik Dzat Yang Maha Pengasih). Mereka diberkati dengan sifat selalu berdoa bagi pasangan hidupnya dan keturunannya, agar senantiasa menjadi penyejuk hati mereka.

Tidak hanya itu, Dr. Muhammad Sayyid Thanthawi juga menyebutkan tafsir dari "jadikanlah kami sebagai pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa" adalah harapan mereka, agar menjadi panutan bagi orang-orang bertakwa baik dalam lembutnya perbuatan maupun halusnya perkataan mereka. Orang-orang bertakwa menurut Alquran adalah orang-orang yang paling berbuat baik kepada pasangannya baik dalam perbuatan maupun perkataan mereka.

Sebagaimana dalam hadits:   

قال رسول الله خياركم خياركم لنساءكم لا يضربن أحدكم ظعينته ضربه أمته.   

Rasulullah bersabda "Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik kepada istri. Janganlah kalian pukul istri kalian seperti halnya kalian memukul budak-budak kalian." (HR Al-Baihaqi) 

sumber : https://islam.nu.or.id/nikah-keluarga/3-tips-bangun-rumah-tangga-harmonis-dari-al-qur-an-bdOrb#closeds
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement