Jumat 27 Jan 2023 12:05 WIB

Akhlak Nabi Muhammad dalam Sholat Jumat dan di Hari Jumat

Nabi Muhammad menganjurkan mengenakan pakaian paling bagus dan wewangian saat Jumat.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Akhlak Nabi Muhammad dalam Sholat Jumat dan di Hari Jumat
Foto:

Ketika melakukan sholat Jumat, Rasulullah berdiri dan terkadang beliau naik ke atas mimbar. Dan jika hendak keluar untuk melakukan sholat Jumat, Rasulullah keluar sendiri, tidak disertai pelayan dan tidak juga meminta untuk disertai. Beliau hanya masuk ke dalam masjid dan mengucap salam kepada jamaah yang telah hadir terlebih dahulu. Jikalau sempat, beliau mendirikan shalat sunnah sebanyak empat rakaat atau lebih.

Selanjutnya, di atas mimbar Rasulullah menghadap orang-orang dengan mengucap salam terlebih dahulu, lalu Bilal akan mengumandangkan adzan sebelum shalat Jumat dilaksanakan. Pernah ketika berkhutbah, Rasulullah bersandar kepada tombak atau tongkat, namun hal itu dilakukan sebelum dibuatkan mimbar. Adapun setelah dibuatkan mimbar, tombak atau tongkat itu tidak lagi digunakan untuk bersandar.

Khutbah Jumat dipisah dengan duduk sebentar. Isi khutbah hendaknya berputar sekitar masalah kemaslahatan dan kebutuhan umum. Terkadang, jikalau ada seseorang yang bertanya, maka beliau akan menghentikan khutbahnya dan menjawab pertanyaannya tersebut, baru kemudian melanjutkan khutbahnya.

Jika dalam khutbahnya Rasulullah mengutip ayat sajadah, maka beliau akan turun (dari mimbarnya) dan melakukan sujud tilawah, baru kemudian naik kembali. Bilal mengumandangkan iqamah selepas Rasulullah selesai khutbah, karena beliau terkadang memendekan khutbah dan memanjangkan bacaan shalat.

Dan terakhir, dianjurkan untuk memperbanyak shalawat kepadanya (Rasulullah SAW) pada waktu malam dan siang Jumat. Beliau berkata, "Perbanyaklah bershalawat kepadaku pada hari Jumat, baik malam maupun siangnya. Karena siapapun yang melakukan hal itu, maka aku akan menjadi saksi dan pemberi syafa'at baginya pada hari kiamat kelak."

 

Rasulullah menganjurkan pula untuk memperbanyak doa pada hari Jumat. Beliau berkata, "Sesungguhnya pada hari Jumat itu ada satu waktu yang jikalau seorang muslim memohon kepada Allah suatu kebaikan, maka Allah akan mengabulkannya."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement