Jumat 27 Jan 2023 00:05 WIB

Beda Pendapat Ulama Soal Anjuran Puasa di Bulan Rajab

Rajab adalah salah satu bulan suci.

Rep: Imas Damayanti/Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Berpuasa. Beda Pendapat Ulama Soal Anjuran Puasa di Bulan Rajab
Foto:

Orang yang puasa pada hari pertama bulan rajab, maka dihapuslah dosanya setahun yang lalu, berpuasa pada hari kedua akan dihapus dosanya sebulan yang lalu, dan berpuasa pada hari ketiga akan dihapus dosanya seminggu yang lalu.

Diriwayatkan: Apabila Rasulullah SAW memasuki bulan Rajab, maka beliau berdo'a: "Ya, Allah berkahilah kami di bulan Rajab (ini) dan (juga) Sya'ban, dan sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan." (HR. Imam Ahmad, dari Anas bin Malik).

Imam Thabrani meriwayatkan dari Said bin Rasyid, “Barangsiapa berpuasa sehari di bulan Rajab, maka ia laksana berpuasa setahun, bila puasa 7 hari, maka ditutuplah untuknya pintu-pintu neraka jahanam, bila puasa 8 hari, maka dibukakan untuknya 8 pintu surga, dan bila puasa 10 hari, maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya.

Abul Fath meriwayatkan secara mursal dari al-Ilasan. Nabi Muhammad saw. bersabda: “Rajab itu bulannya Allah, Sya'ban bulanku, dan Ramadhan bulannya umatku,”

Rasulullah juga bersabda: "Pada malam mi'raj, aku melihat sebuah sungai yang airnya lebih manis dari madu, lebih sejuk dari air batu dan lebih harum dari minyak wangi, lalu saya bertanya pada Jibril as.: "Wahai Jibril untuk siapakan sungai ini? "Jibril berkata: "Ya Muhammad sungai ini adalah untuk orang yang membaca shalawat untuk engkau di bulan Rajab ini,”

Jika bulan ini bulannya Allah, maka sudah seharusnya kita sebagai hamba-Nya turut serta memuliakan Rajab dengan amalan puasa dan amalan-amalan lainnya. Selain itu, Rajab juga bisa disebut bulan persiapan menyambut datangnya bulan Ramadhan.

 

“Dengan menjalankan amal kebaikan di bulan ini, kita berharap saat Ramadhan tiba, hati dan jiwa kita benar-benar bersih. Sehingga kita bisa khusyu' dalam menjalankan ibadah,” kata Muhammad Khatib.

photo
Infografis 6 hal yang bisa dilakukan selama Rajab. - (republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement