Jumat 27 Jan 2023 00:05 WIB

Beda Pendapat Ulama Soal Anjuran Puasa di Bulan Rajab

Rajab adalah salah satu bulan suci.

Rep: Imas Damayanti/Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Berpuasa. Beda Pendapat Ulama Soal Anjuran Puasa di Bulan Rajab
Foto:

Lantas benarkah puasa di bulan Rajab benar dianjurkan?

Berkenaan dengan puasa Rajab, tidak ada hadits shahih yang menunjukkan keutamaan khusus dalam puasa seluruh atau sebagian bulan ini. Apa yang sebagian orang lakukan, memilih beberapa hari Rajab untuk puasa, percaya bahwa mereka lebih baik dari yang lain, tidak memiliki dasar dalam Syariah.

Namun, ada riwayat dari Nabi Muhammad SAW yang menunjukkan bahwa lebih diutamakan (mustahab) berpuasa pada bulan-bulan yang diharamkan, salah satunya Rajab. Nabi Muhammad bersabda: “Puasa pada beberapa hari di bulan suci dan bukan yang lain.” (Abu Dawud, digolongkan sebagai da`if (lemah) oleh Al-Albani dalam Da`if Abi Dawud).

Bahkan jika hadits ini shahih, itu menunjukkan lebih baik (mustahab) untuk berpuasa di bulan-bulan suci. Maka jika seseorang berpuasa di bulan Rajab karena hal ini, dan dia juga berpuasa di bulan-bulan suci lainnya, maka hal itu tidak mengapa.

Tapi memilih Rajab untuk puasa tidak benar. Ibnu Taimiyah mengatakan, puasa Rajab khususnya, hadits-hadits yang bersangkutan semuanya dhaif, bahkan dibuat-buat (mawdu'). Para ulama tidak memercayai salah satunya.

Tentang kebajikan, bahkan sebagian besar adalah palsu dan salah. Dalam Al-Musnad dan di tempat lain ada hadits yang mengatakan bahwa Nabi Muhammad memerintahkan puasa pada bulan-bulan suci, tetapi ini adalah puasa selama mereka semua, bukan hanya Rajab. Ibnu al-Qayyim juga berpendapat bahwa setiap hadits yang menyebutkan puasa di bulan Rajab dan shalat di sebagian malamnya adalah palsu dan dibuat-buat.

Syekh Sayyed Sabiq juga mengatakan puasa Rajab tidak lebih baik dari puasa di bulan lain, kecuali itu adalah salah satu bulan suci. Tidak ada riwayat dalam Sunnah sahih yang menunjukkan ada sesuatu yang istimewa tentang puasa di bulan ini. 

Sedangkan Muhammad Khatib dalam bukunya Khutbah Jumat Sepanjang Tahun mengatakan Rajab memang bulan mulia, tetapi kemuliaannya tidak berarti apa-apa jika di bulan tersebut tidak diisi dengan amal ibadah. Dalam hal ini, banyak hadits yang menerangkan amalan utama di bulan Rajab adalah berpuasa sunnah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement