Rabu 25 Jan 2023 14:12 WIB

Qatar Luncurkan Pelatihan Bagi Imam dan Muadzin

Pelatihan bagi imam dan muadzin diluncurkan Qatar.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Qatar Luncurkan Pelatihan Bagi Imam dan Muadzin. Foto: Azan (ilustrasi)
Foto: forsil.org
Qatar Luncurkan Pelatihan Bagi Imam dan Muadzin. Foto: Azan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Kementerian Wakaf dan Urusan Islam Qatar mengumumkan peluncuran kursus kualifikasi pertama bagi para imam, muadzin dan pengkhotbah baru Qatar. Pelatihan tersebut diselenggarakan oleh kementerian selama 15 hari.

Dilansir di Peninsula Qatar, Rabu (25/1/2023), sebanyak 11 muadzin Qatar telah berpartisipasi dalam kursus kualifikasi ini. Mereka akan mengumandangkan adzan di masjid-masjid negara tersebut dan dinominasikan bekerja sama dengan Departemen Masjid Kementerian.

Baca Juga

Adapun kursus khusus ini akan dibawakan oleh Muhammad Abdul Latif Al Mahmoud. Nantinya, ia disebut akan memberikan pelasan seputar bab-bab tentang fikih penyucian dan doa.

Kursus ini dilakukan sebagai bagian dari rencana Kementerian Awqaf mempersiapkan muazin Qatar dan memberi mereka Syariah yang diperlukan untuk melakukan tugas ini. Kementerian juga ingin meluluskan angkatan baru muadzin Qatar yang berkualitas.

 

Sebelumnya pada 2021 Qatar meluncurkan program pelatihan khusus, yang bertujuan mendidik masyarakatnya yang memenuhi syarat mengambil pekerjaan sebagai imam dan khatib di masjid.

Program yang disebut 'Masaraat w Manaraat' ini dijalankan oleh Departemen Manajemen Masjid, berkoordinasi dengan Departemen Panggilan dan Bimbingan Agama di Kementerian tersebut. Rencananya, mereka menargetkan merekrut 50 imam dan khatib Qatar dalam setahun.

Direktur Panggilan dan Departemen Bimbingan Keagamaan, Malullah Abdurrahman Al Jaber, mengatakan program 'Masaraat w Manaraat' ini mencakup para Imam, Muazin, khatib dan penceramah.

Di bawah program kursus dan sesi pelatihan tersebut, akan diadakan pula penambahan pemberian keterampilan dan kualifikasi yang diperlukan, kepada sejumlah kelompok sasaran.

“Kursus Alquran akan segera diadakan untuk melatih para Imam Qatar, mempersiapkan mereka memimpin sholat Tarawih selama bulan suci Ramadhan mendatang,” kata Al Jaber.

Tak hanya itu, sejumlah Hafiz yang memenuhi syarat dari Pusat Pembelajaran Alquran akan dipilih untuk memimpin shalat di masjid selama Ramadhan tahun itu.  

Sumber:

https://thepeninsulaqatar.com/article/25/01/2023/awqaf-ministry-launches-course-for-imams-muezzins

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement