Selasa 24 Jan 2023 15:03 WIB

Booster Kedua Covid-19 Kota Tangerang Dimulai Awal Februari, 13 Ribu Dosis Disiapkan

'Booster' kedua Covid-19 Kota Tangerang tersedia di fasillitas layanan kesehatan.

Rep: Eva Rianti/ Red: Nora Azizah
Vaksinator menyiapkan vaksin Covid-19 booster kedua atau dosis keempat untuk disuntikkan ke warga.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Vaksinator menyiapkan vaksin Covid-19 booster kedua atau dosis keempat untuk disuntikkan ke warga.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kota Tangerang mulai mendistribusikan vaksin booster kedua bagi masyarakat usia 18 tahun ke atas. Sekitar 1.300 vial atau 13 ribu dosis vaksin Covid-19 dengan dua jenis vaksin yang disediakan dalam pendistribusiannya dan ditargetkan mulai disuntikkan kepada masyarakat yang jadi sasaran pada awal Februari 2023. 

"Kami telah menyiapkan untuk vaksin booster ada dua jenis vaksin yaitu Pfizer dari 3.000 vial sudah terserap 1.745 vial, sisanya 1.255 vial. Serta jenis Indovac dari 100 vial, tersisa 50 vial. Sehingga untuk vaksin booster kedua ada 1.300 vial," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Tangerang Sudarto, Selasa (24/1/2023). 

Baca Juga

Sudarto mengatakan, pihaknya menargetkan vaksin booster kedua tersebut mulai diberikan kepada masyarakat pada Senin (6/2/2023) mendatang. Saat ini pihaknya masih mengejar capaian vaksinasi booster pertama, terutama bagi kalangan rentan seperti lanjut usia (lansia) dan pelajar. 

"Beberapa pelajar dan lansia masih belum memenuhi target. Untuk booster pertama mencapai 64,9 persen atau 844.329 orang yang sudah vaksin dengan kategori lansia mencapai 56,1 persen  dan remaja hanya mencapai 11 persen. Semoga sampai 6 Februari bisa mencapai target," jelasnya. 

Dengan digencarkannya vaksinasi Covid-19, Sudarto berharap target kekebalan komunitas atau herd immunity dapat tercipta. Dia berharap semua masyarakat Kota Tangerang yang berusia di atas 18 tahun dapat segera melakukan vaksin Covid-19 lengkap hingga booster kedua. 

"Harapan kami seluruh masyarakat Kota Tangerang dapat segera mendatangi fasyankes untuk mendapatkan vaksin lengkap hingga booster kedua sehingga bisa menjaga imunitas, terbukti Kota Tangerang memiliki angka penurunan kasus Covid-19," tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement