Senin 23 Jan 2023 10:08 WIB

Jangan Lewatkan Puasa Rajab, Ini Keutamaannya

Amalan utama di bulan Rajab adalah berpuasa sunnah.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Jangan Lewatkan Puasa Rajab, Ini Keutamaannya
Foto:

Itulah keistimewaan bulan Rajab. Jika bulan ini bulannya Allah, maka sudah seharus kita sebagai hamba-Nya turut serta memuliakan Rajab dengan amalan puasa dan amalan-amalan lainnya. Selain itu, Rajab juga bisa disebut bulan persiapan menyambut datangnya bulan Ramadhan.

“Dengan menjalankan amal kebaikan di bulan ini, kita berharap saat Ramadhan tiba, hati dan jiwa kita benar-benar bersih. Sehingga kita bisa khusyu' dalam menjalankan ibadah,” kata Muhammad Khatib.

Rajab juga bulan yang dekat dengan bulan Ramadhan. Antara Rajab dan Ramadhan hanya dipisahkan dengan Sya'ban. Di antara kebiasaan para ulama dahulu, mereka menyiapkan diri menyambut bulan Ramadhan sejak Rajab.

Bulan Rajab adalah bulan mulia karena di dalamnya terjadi peristiwa agung yaitu Isra' Mi'raj. Kebanyakan para ulama memperkirakan peristiwa itu terjadi pada 27 Rajab.

Isra' Mi'raj adalah perjalanan luar biasa. Melalui peristiwa itu Rasulullah mendapatkan perintah sholat lima waktu. Jika perintah yang lain diturunkan kepada Rasulullah melalui malaikat Jibril, Khusus perintah sholat lima waktu ini, Rasulullah dipanggil langsung oleh Allah.

“Maka sepatunya, di bulan Rajab ini kita memperbaiki kualitas sholat kita. Marilah kita jadikan sholat sebagai ibadah utama, karena ibadah ini merupakan ibadah sentral, dan menjadi kunci diterimanya ibadah-ibadah lainnya,” kata Muhammad Khatib.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement