Selasa 17 Jan 2023 15:00 WIB

Deretan Masjid-Masjid Indah di Rusia

Islam adalah agama terbesar kedua di Rusia.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
 Seorang mufti dan Muslim lainnya berdoa di luar Masjid Katedral Moskow selama perayaan Idul Adha, atau Festival Kurban, di Moskow, Rusia, Sabtu, 9 Juli 2022. Di seluruh dunia, umat Islam akan menandai akhir dari haji bersama Idul Adha. Liburan memperingati kesediaan Nabi Ibrahim untuk mengorbankan putranya Ismail atas permintaan Tuhan. Muslim secara tradisional menyembelih domba dan sapi, membagi daging di antara yang membutuhkan, teman dan kerabat. Deretan Masjid-Masjid Indah di Rusia
Foto:

Masjid Kul Sharif

Masjid ini dibangun di lokasi masjid lain, dihancurkan pada tahun 1552 oleh pasukan Tsar Ivan the Terrible selama badai Kazan, yang saat itu merupakan ibu kota Kazan Khanate. Nama masjid tidak berubah, karena merupakan imam terakhir dan paling dihormati di Tatarstan (Dia merupakan Seid - gelar kehormatan bagi mereka yang dianggap sebagai keturunan Nabi Muhammad). Ketika Ivan menyerbu kota, tidak ada yang tersisa, termasuk Kul Sharif. Kota itu kemudian dibakar habis.

Tidak ada yang tahu seperti apa versi asli Kul Sharif. Bangunan modern adalah proyek independen, didirikan pada 2005 untuk menandai peringatan 1.000 tahun Kazan. Hari ini, itu adalah masjid katedral utama Tatarstan.

Bangunan ini dapat menampung hingga 5.000 orang. Kubah utama berdiameter 17 meter dan didekorasi di dalamnya dengan gaya topi Kazan yang terkenal - salah satu tanda kebesaran Tsar Rusia.

Masjid dilapisi dengan granit dan marmer Ural. Ada lampu gantung hampir dua ton, dibuat di Republik Ceko, tergantung di atas, dan permadani, hadiah dari Iran. Ada juga banyak elemen buatan tangan di sana, seperti mosaik, yang dibuat menggunakan metode abad ke-16.

photo
Masjid Kul Sharif di Kazan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement