Selasa 17 Jan 2023 15:00 WIB

Deretan Masjid-Masjid Indah di Rusia

Islam adalah agama terbesar kedua di Rusia.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
 Seorang mufti dan Muslim lainnya berdoa di luar Masjid Katedral Moskow selama perayaan Idul Adha, atau Festival Kurban, di Moskow, Rusia, Sabtu, 9 Juli 2022. Di seluruh dunia, umat Islam akan menandai akhir dari haji bersama Idul Adha. Liburan memperingati kesediaan Nabi Ibrahim untuk mengorbankan putranya Ismail atas permintaan Tuhan. Muslim secara tradisional menyembelih domba dan sapi, membagi daging di antara yang membutuhkan, teman dan kerabat. Deretan Masjid-Masjid Indah di Rusia
Foto:

Masjid Katedral St. Petersburg

Pada satu titik, masjid utama Kekaisaran Rusia, juga pernah menjadi yang terbesar di Eropa. Bangunan itu lebih dikenal sebagai satu-satunya masjid di Pulau Vasilyevsky. Itu juga terkait erat dengan situs pemakaman Tamerlan di Samarkand, Uzbekistan.

Kubahnya hampir sama persis dengan yang ada di Samarkand. Ukiran juga terinspirasi oleh situs pemakaman, yang dilakukan oleh seniman L. Maksimov, yang melakukan perjalanan ke Samarkand untuk menyalin ornamen masjid Shah-Zinde dan Gur-Emir.

Masjid ini mulai dibangun pada 1910. Masjid ini juga disebut sebagai masjid biru karena portal, kubah, dan menaranya dilapisi keramik biru.

Tiga lantainya dapat menampung hingga 5.000 orang. Lantai atas memiliki tangga marmer yang lebar, mengarah ke kubah. Pada hari Jumat dan selama perayaan, itu menjadi aula lain bagi pria untuk berdoa selain dari lantai pertama.

photo
Masjid Saint Petersburg di Rusia - (aboutislam)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement