Selasa 17 Jan 2023 15:00 WIB

Deretan Masjid-Masjid Indah di Rusia

Islam adalah agama terbesar kedua di Rusia.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
 Seorang mufti dan Muslim lainnya berdoa di luar Masjid Katedral Moskow selama perayaan Idul Adha, atau Festival Kurban, di Moskow, Rusia, Sabtu, 9 Juli 2022. Di seluruh dunia, umat Islam akan menandai akhir dari haji bersama Idul Adha. Liburan memperingati kesediaan Nabi Ibrahim untuk mengorbankan putranya Ismail atas permintaan Tuhan. Muslim secara tradisional menyembelih domba dan sapi, membagi daging di antara yang membutuhkan, teman dan kerabat. Deretan Masjid-Masjid Indah di Rusia
Foto:

Pride of Muslims (Masjid Chechnya)

Istilah ini sangat tepat mendeskripsikan marmer putih, banyak emas dan ukiran tangan. Hal ini membuat ‘Pride of Muslims’ salah satu masjid terindah di seluruh Rusia.

Dibangun pada 2019 di kota Shali, sekitar 30 kilometer dari ibu kota Chechnya Grozny, masjid ini dinamai untuk menghormati Nabi Muhammad (nama lengkapnya adalah The Pride of Muslims Mosque Dinamai Setelah Nabi Muhammad). Saat ini, merupakan masjid terbesar di seluruh Eropa, mampu menampung lebih dari 30 ribu orang di dalam dan 70 ribu lainnya di wilayah sekitarnya.

Arsitekturnya menggabungkan gaya Persia, Asia Tengah, dan Bizantium. Di luar, masjid ditutupi marmer putih salju dari pulau Thassos, yang dikenal dengan kualitas reflektif dan penstabil suhu. Dekorasi di dalamnya hampir semuanya diukir dengan tangan, termasuk ukiran emas di bawah kubah dan komposisi marmer berwarna.

Daya tarik utama adalah lampu gantung, dengan berat hampir tiga ton, dibuat sesuai pesanan di Turki, terdiri dari 395 lampu dihiasi dengan emas dan kristal Swarovski.

photo
Umat Muslim Chechnya menunaikan Shalat Id di Masjid Grozny, Ahad (25/6). - (AP/Musa Sadulayev)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement