Kamis 12 Jan 2023 06:10 WIB

Megahnya Masjid Sultan Qaboos, Dihiasi 600 Ribu Keping Kaca Kristal dan Karpet 21 Ton

Masjid Sultan Qaboos mewakili banyak sejarah Oman.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
(Ilustrasi) Masjid Sultan Qaboos di Oman. Megahnya Masjid Sultan Qaboos, Dihiasi 600 Ribu Keping Kaca Kristal dan Karpet 21 Ton
Foto:

Sedangkan karpet seberat 21 ton di masjid dibawa dari Iran dan dihamparkan oleh para perempuan Iran di atas lahan seluas 4.263 meter persegi. Karpet berisi 1.700 juta simpul dan butuh waktu 27 bulan untuk membuatnya.

Ada ribuan pola indah dari desain Islami yang rumit yang dijalin dengan indah dalam harmoni yang luar biasa. "Ini adalah pesta bagi setiap pengunjung yang datang untuk melihatnya," ujar Al Maskery.

Pemandu wisata Oman Sulaiman Al Amri memaparkan Sultan Haitham telah menginspirasi warga untuk membangun prestasi Sultan Qaboos. Visi Oman 2040 adalah peta jalan untuk semua aspirasi.

"Kami memiliki kepercayaan besar pada kepemimpinan kami dan kami tahu bahwa Oman akan memiliki masa depan yang lebih baik dengan visi ini. Pendidikan dan pekerjaan adalah satu-satunya alat pengembangan kami dalam konteks peradaban Islam kami yang terwakili di masjid ini," katanya.

Al Amri menjelaskan, atap persegi masjid ini dikelilingi kubah tengah dengan tinggi total 50 meter. Ada lima menara yang mendefinisikan lima rukun Islam.

Menara utama tingginya 92 meter, sedangkan sisanya 45 meter. Masjid tersebut memiliki kapasitas 6.500 jamaah di dalam, sedangkan taman di luar dapat menampung 10 ribu orang. Aula terpisah untuk wanita menampung 4.000 jamaah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement