Kamis 12 Jan 2023 06:10 WIB

Megahnya Masjid Sultan Qaboos, Dihiasi 600 Ribu Keping Kaca Kristal dan Karpet 21 Ton

Masjid Sultan Qaboos mewakili banyak sejarah Oman.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
(Ilustrasi) Masjid Sultan Qaboos di Oman. Megahnya Masjid Sultan Qaboos, Dihiasi 600 Ribu Keping Kaca Kristal dan Karpet 21 Ton
Foto:

Al Maskery telah berbicara dengan ratusan wisatawan setiap pekan tentang keindahan dan sejarah bangunan tersebut. Selama musim dingin, ada lebih dari 3.000 turis per hari yang mengunjungi masjid. Kebanyakan dari Eropa, AS, Jepang, dan China.

"Masjid ini mewakili banyak sejarah Oman dengan karpet ikonik dan lampu gantungnya yang besar," ujarnya.

Masjid Agung Sultan Qaboos, jelas Al Maskery, merupakan keajaiban arsitektural dan artistik yang mencerminkan keindahan seni Islam, oriental, dan Oman. Oman menugaskan produsen kaca kristal Austria Swarovski untuk mendesain lampu gantung.

Lampu itu tergantung dari kubah besar masjid di atas ruang sholat, dengan diameter delapan meter dan tinggi 14 meter, dan berat sekitar delapan ton. Ada 1.000 lampu halogen yang dikelilingi oleh 600 ribu keping kaca kristal dengan susunan struktur berlapis emas.

"Pada saat dipasang, hanya beberapa bulan sebelum masjid agung dibuka pada Mei 2001, lampu gantung megah itu adalah yang terbesar di dunia," kata Al Maskery.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement