Rabu 11 Jan 2023 19:56 WIB

Puasa Senin Kamis Bawa Sejumlah Manfaat Kesehatan

Puasa Senin Kamis mendatangkan manfaat kesehatan.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
 Puasa Senin Kamis Bawa Sejumlah Manfaat Kesehatan. Foto:  Puasa (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Puasa Senin Kamis Bawa Sejumlah Manfaat Kesehatan. Foto: Puasa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Melaksanakan puasa sunnah Senin dan Kamis merupakan salah satu yang sangat diimbau oleh Nabi Muhammad SAW. Selain menjauhkan dari api neraka, puasa ini juga memiliki beberapa manfaat dalam kesehatan.

Dalam buku Sehat dengan Ibadah karya Jamal Muhammad Az-Zaki, disebutkan ada sederet manfaat puasa, termasuk puasa sunnah Senin Kamis. Dia menyebut salah satu bahaya paling menakutkan bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari adalah mengendapnya zat racun dalam sel, yang dapat mengancam kesehatan.

Baca Juga

Para ilmuwan menyebut, zat-zat racun yang menempel dalam sel akan menghambat kinerja an memperlambat aktivitasnya. Penumpukan zat racun ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan manusia tidak mungkin menghindarinya. Inilah yang menjadi faktor penuaan dini pada manusia.

Di sisi lain, tubuh manusia berpotensi besar menyerap zat-zat racun, yang jika dibiarkan terus menumpuk dalam tubuh akan merusak sel-sel tubuh yang ada.

Dengan berpuasa, hal ini bekerja seperti senjata tersamar yang menangkal dan membuang zat racun, tanpa meninggalkan pengaruh di bagian organ-organ manusia. Untuk itu, puasa sunnah yang rutin seperti Senin-Kamis (setiap pekan) sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Puasa dapat menjadi perisai tubuh yang menyerap zat-zat racun tadi. Terkait puasa, Rasulullah SAW bersabda, “As-Shiyyamu junnatun”, yang artinya, “Puasa adalah perisai."  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement