Selasa 10 Jan 2023 05:59 WIB

Allah tak Ajak Bicara Tiga Manusia yang Melakukan Ini di Akhirat

Tiga manusia yang melakukan tiga hal tak diajak bicara Allah saat di akhirat.

Allah tak Ajak Bicara Tiga Manusia yang Melakukan Ini di Akhirat. Foto: Ilustrasi Lafadz Allah
Foto: Foto : MgRol112
Allah tak Ajak Bicara Tiga Manusia yang Melakukan Ini di Akhirat. Foto: Ilustrasi Lafadz Allah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam sebuah hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari disebutkan:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ ثَلَاثَةٌ لَا يُكَلِّمُهُمْ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَلَا يَنْظُرُ إِلَيْهِم؛ْ رَجُلٌ حَلَفَ عَلَى سِلْعَةٍ لَقَدْ أَعْطَى بِهَا أَكْثَرَ مِمَّا أَعْطَى وَهُوَ كَاذِب،ٌ وَرَجُلٌ حَلَفَ عَلَى يَمِينٍ كَاذِبَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ لِيَقْتَطِعَ بِهَا مَالَ امْرِئٍ مُسْلِم،ٍ وَرَجُلٌ مَنَعَ فَضْلَ مَاءٍ فَيَقُولُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ الْيَوْمَ أَمْنَعُكَ فَضْلِي كَمَا مَنَعْتَ فَضْلَ مَا لَمْ تَعْمَلْ يَدَاكَ (رواه البخاري) 

Baca Juga

 Dari Abu Hurairah RA bahwa Nabi SAW bersabda: "Ada tiga golongan yang Allah tidak mengajak mereka bicara pada hari kiamat dan Allah juga tidak akan memandang mereka (yaitu) (1) Seseorang yang bersumpah dalam dagangannya sehingga bisa diberi lebih banyak daripada biasanya, dan ia dusta dalam sumpahnya. (2) Seseorang yang melakukan sumpah dusta setelah 'ashar dengan ambisi bisa mendapatkan harta orang Muslim lainnya. (3) Dan seseorang yang menahan kelebihan air (tidak berbagi), sehingga Allah pada hari kiamat berfirman, 'Saya sekarang menahan kurnia-Ku sebagaimana engkau pernah menahan kelebihan air yang kedua tanganmu tidak bekerja karenanya." (HR Al-Bukhari)

Allah SWT memberikan berbagai ganjaran bagi umat manusia atas apa yang telah mereka perbuat di dunia. Jika perbuatan baik, akan diganjar baik pula, selama dilakukan dengan ikhlas mengharapkan ridha-Nya. Demikian pula, tindakan buruk selama di dunia juga akan mendapatkan balasan setimpal, berupa keburukan pula.

 

 Di antara, contoh ganjaran baik atas amalan saleh selama di dunia, antara lain diberikan Allah SWT kepada  tujuh golongan yang akan mendapatkan payung langsung dari Allah kelak, saat tak ada lagi tempat berteduh di Padang Mahsyar.

Maka itu, dalam hadits riwayat Abu Hurairah yang dinukilkan Imam Bukhari di atas, Allah SWT memberikan ancaman balasan bagi tiga golongan kelak di akhirat. Ketiga golongan tersebut diancam tidak akan mendapat nikmat berupa bertemu dan berhadapan langsung dengan Allah SWT serta berbicara dengan-Nya. Ketiga golongan tersebut adalah:   

1. Seseorang yang bersumpah dalam dagangannya sehingga bisa diberi lebih banyak daripada biasanya, dan ia dusta dalam sumpahnya.  

2. Seseorang yang melakukan sumpah dusta setelah 'ashar dengan ambisi bisa mendapatkan harta orang Muslim lainnya.

3. Dan seseorang yang menahan kelebihan air (tidak berbagi).

Jika dicermati lebih lanjut, sanksi yang diberikan kepada tiga golongan tersebut berkaitan erat dengan bagaimana kita menjaga hak dengan orang lain. Islam mengajarkan kita untuk berbuat sama dan menjaga perlakuan adil. Semoga kita diberikan kekuatan dan bimbingan untuk senantiasa menjaga hak-hak kita terhadap sesama manusia. 

sumber : Dok Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement