Kamis 05 Jan 2023 13:59 WIB

Imam Al Ghazali Ingatkan Bahaya di Sekitar Ilmu

Ilmu tetap penting dan harus dipelajari meski ada bahaya di sekitarnya.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Imam Al Ghazali Ingatkan Bahaya di Sekitar Ilmu
Foto: Pixabay
Imam Al Ghazali Ingatkan Bahaya di Sekitar Ilmu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Imam Al-Ghazali dalam Kitab Minhajul Abidin menjelaskan betapa pentingnya ilmu, bahkan ilmu lebih mulia dari sekadar ibadah tanpa ilmu. Akan tetapi, Imam Al-Ghazali juga mengingatkan ada bahaya di sekitar ilmu.

Untuk menghadapi berbagai kesulitan dalam menuntut ilmu, maka ringankan hati agar mudah dan ikhlas melakukannya. Hendaklah kamu mempelajari ilmu secara mendalam bukan sekadar mempelajari riwayat-riwayat.

Baca Juga

Ketahuilah bahwa sangat besar bahaya dalam menuntut ilmu jika menuntut ilmu bertujuan menarik perhatian manusia, menjadikan ilmu sebagai alat agar bisa duduk bersama para penguasa, dan membanggakan diri terhadap orang yang mendebat atau menjadikan ilmu sebagai alat untuk memburu dunia.

Rasulullah bersabda, "Siapa saja yang menuntut ilmu untuk tujuan berbangga-banggaan dengan para orang-orang pandai atau untuk memamerkannya pada orang-orang yang bodoh atau memalingkan wajah-wajah manusia kepadanya, maka ia akan dimasukkan ke dalam neraka."

 

Abu Yazid Al Bustomi mengatakan, "Aku telah melakukan mujahadah selama 30 tahun dan aku tidak mendapati sesuatu yang lebih sulit aku hadapi selain dari ilmu dan bahaya yang mengitarinya."

Abu Yazid Al Bustomi mengingatkan, jauhkan pandangan kamu dari sesuatu yang dijadikan indah oleh setan. Setan itu akan mengatakan kepada kamu, "Jika bahaya yang sebesar ini terjadi pada ilmu, maka meninggalkannya tentu lebih utama." Abu Yazid Al Bustomi mengingatkan, "Kamu jangan pernah berpikir seperti yang dikatakan setan."

Ilmu tetap penting dan harus dipelajari meski ada bahaya di sekitarnya. Sebab banyak orang fakir ilmu yang masuk neraka.

Rasulullah SAW bersabda, "Aku mengarahkan pandangan pada malam Mi'raj-ku ke arah neraka, lalu aku melihat kebanyakan penghuninya adalah orang-orang fakir." Para sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah apakah mereka fakir karena harta." Nabi SAW menjawab, "Bukan (fakir harta) tapi mereka fakir dari ilmu."

Imam Al-Ghazali mengingatkan, siapa saja yang tidak mempelajari ilmu maka ia tidak akan dapat melakukan ibadah dengan benar dan tidak bisa melaksanakan hak-hak hidupnya sebagaimana mestinya.

Sekiranya seorang menyembah Allah Ta'ala seperti ibadahnya para malaikat langit tanpa disertai dengan ilmu, maka tentulah ia termasuk orang-orang yang merugi. Maka teguhkan diri kamu dalam menuntut ilmu dengan cara mengkaji, menyampaikan dan mengajarkannya.

Usirlah kemalasan serta rasa bosan yang menerpa saat menuntut ilmu. Jika tidak diusir rasa malas itu, maka kamu berada dalam bahaya kesesatan dan semoga Allah melindungi kita semua dari kesesatan. Hal ini dijelaskan Imam Al-Ghazali dalam Kitab Minhajul Abidin yang diterjemahkan Abu Hamas As-Sasaky dan diterbitkan Khatulistiwa Press 2013.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement