Rabu 04 Jan 2023 05:45 WIB

Ini Dia Sosok Muslim Era Ottoman yang Menginspirasi Arsitek Eropa, Terutama Italia

Mimar Sinan adalah sosok arsitek Muslim era Ottoman yang jadi inspirasi dunia

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi arsitektur di Italia. Minar Sinan adalah sosok arsitektur Muslim era Ottoman yang jadi inspirasi dunia tak terkecuali Italia
Foto: EPA-EFE/ETTORE FERRARI
Ilustrasi arsitektur di Italia. Minar Sinan adalah sosok arsitektur Muslim era Ottoman yang jadi inspirasi dunia tak terkecuali Italia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Perdaban Islam memberikan banyak kontribusi dalam peradaban dunia. Di Eropa, kontribusi tersebut terlihat sangat nyata dan mencakup berbagai bidang. Tak terkecuali di ranah arsitektur.

Mari kita tengok salah satu negara Eropa, yakni Italia. Di negeri ini, banyak bangunan yang tampil dengan sentuhan arsitektur Islam, khususnya gaya Turki Utsmani. Hal ini tak lepas dari kekuasaan Kesultanan Turki Utsmani yang pada masa keemasannya menjangkau wilayah Eropa.

Baca Juga

Adalah Mimar Sinan (1490-1588), seniman sekaligus arsitek Turki Utsmani yang memberi banyak sentuhan pada bangunan-bangunan di Italia. Arsitek kenamaan di abad ke-16 itu adalah kepala arsitek Sultan Suleiman I, Selim II, dan Murad III.

Pada masa Utsmani, ia bertanggung jawab atas pembangunan lebih dari 300 bangunan utama di Istanbul. Tak hanya di Istanbul, karyakarya arsitekturnya juga bisa disaksikan di Italia dan beberapa negara Eropa lainnya. Karya-karya indah Sinan juga menginspirasi banyak arsitek Eropa.

Jonathan Glancey, redaktur desain dan arsitektur pada surat kabar Inggris, The Guardian, mengatakan, perkembangan arsitektur pada masa Utsmani sangat menyedot perhatian dunia.

Ia mengaku sangat mengagumi karyakarya arsitektur Kesultanan Turki Utsmani di Istanbul. ''Semua itu masih dapat dinikmati oleh masyarakat dunia, bahkan tak terhitung jumlah pastinya,'' katanya.

Melihat bangunan-bangunan di Istanbul, memang mengingatkan kita pada karya-karya Sinan. Gaya arsitektur yang dikembangkannya bahkan memengaruhi arsitek-arsitek Eropa, seperti Michelangelo dan Andrea Palladio.

Mereka adalah arsitek paling berpengaruh di Italia. Jejak Sinan pun tampak jelas pada karya-karya keduanya. Salah satunya bisa dilihat pada Gereja San Giorgio Maggiore di Venesia, Italia, rancangan Palladio.

Baca juga: Islam akan Jadi Agama Mayoritas di 13 Negara Eropa pada 2085, Ini Daftarnya 

Tak hanya di Italia, sentuhan arsitektur Sinan juga terekam pada banyak bangunan dan masjid di Sarajevo, Bosnia-Herzegovina. Bahkan, di Yunani pun, tepatnya di Kota Trikala, ada Masjid Osman Shah. Itu secara langsung mendapat sentuhan dari arsitek kebanggaan bangsa Turki itu.

Pengaruhi gerakan di Eropa Hubungan antara Turki Utsmani dan Eropa tak hanya terjalin dalam bidang politik, budaya, dan perdagangan. Para sejarawan mencatat, Turki Utsmani dan Eropa juga saling memengaruhi dalam bidang arsitektur.

Karena itu, munculnya pengaruh desain arsitektur Mimar Sinan pada Gereja San Giorgio Maggiore di Venesia, bukanlah hal aneh. Hal ini tampaknya berawal dari ditugaskannya Marcantonio Barbaro, orang dekat arsitek Andrea Palladio, sebagai duta besar Venesia di Istanbul selama enam tahun. Melalui sang duta, Palladio mengenal dan mulai mempelajari karya-karya Sinan.

 

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement