Rabu 04 Jan 2023 05:40 WIB

Iman Sedang Lemah, Bagaimana Cara Meningkatkannya?

Ketika iman lemah, maka seseorang bisa dengan mudah menjadi target bisikan setan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Iman Sedang Lemah, Bagaimana Cara Meningkatkannya?
Foto:

Allah SWT juga berfirman:

قَدْ أَفْلَحَ مَنْ تَزَكَّىٰ (١٤) وَذَكَرَ اسْمَ رَبِّهِ فَصَلَّىٰ (١٥) 

Sesungguhnya beruntunglah orang yang membersihkan diri (dengan beriman) (14) dan dia ingat nama Tuhannya, lalu dia sembahyang (15). (Alquran surat Al Ala) 

Untuk itu, seorang Muslim yang tengah berupaya memperbaiki sholatnya agar dapat tepat waktu bisa memulainya dengan mengatur alarm waktu sholat. Mengatur untuk alarm kedua bahkan ketiga.

Selain itu dapat juga menggunakan pelacak sholat sehingga dapat melakukan list sholat yang telah dikerjakan setiap hari. Menyimpannya di tempat yang terlihat seperti lemari es dan lainnya dapat berfungsi sebagai pengingat sepanjang hari agar tetap fokus dalam melaksanakan sholat. 

Selain itu dapat memulai dengan melaksanakan sholat wajib. Setelahnya dapat memperkenalkan sholat sunnah dan menambahkan berdzikir setelah sholat.

 

Bertanya pada diri tentang mengapa melakukan sholat akan meningkatkan memotivasi diri dalam beribadah. Sebab sholat adalah kewajiban yang akan dipertanggungjawabkan seorang hamba. Seseorang dapat memulainya dengan mencari perlindungan Allah dari godaan setan sehingga tak membiarkan setan mempengaruhi untuk melewatkan sholat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement