Senin 02 Jan 2023 13:32 WIB

Layanan Kereta Api Daop 4 Semarang Kembali Normal Seusai Banjir

Titik gangguan yang diakibatkan banjir pada petak Semarang Tawang-Alastuo surut.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Agus raharjo
Banjir yang menggenang area parkir Stasiun Semarang Tawang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (31/12) pagi.
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Banjir yang menggenang area parkir Stasiun Semarang Tawang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (31/12) pagi.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG—Menyusul telah surutnya banjir yang sempat menggenangi jalur dan jembatan kereta api, PT KAI Daop 4 Semarang memastikan layanan kereta api dan stasiun telah kembali normal.

Sebelumnya, banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di Provinsi Jawa Tengah sempat mengganggu pelayanan di stasiun maupun perjalanan kereta api di wilayah kerja Daop 4 Semarang.

Baca Juga

“Alhamdulillah, sekarang sudah normal kembali,” ungkap Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Ixfan Hendri Wintoko, di Semarang, Jawa Tengah, Senin (2/1/2023).

Ixfan menyampaikan, akibat cuaca buruk dan hujan dengan intensitas lebat sejak Sabtu 3 Desember 2022 lalu di wilayah Jawa Tengah telah berdampak pada layanan perkeretaapian PT KAI Daop 4 Semarang.

Curah hujan yang sangat tinggi sejak Sabtu dini hari menyebabkan terjadinya banjir yang menggenangi beberapa titik jalur kereta api. Termasuk mengganggu aktivitas di Stasiun Semarang Tawang.

Namun pada Senin dini hari, seluruh titik gangguan yang diakibatkan oleh banjir pada petak Semarang Tawang-Alastua sudah surut dan jalur sudah dapat dilalui kembali oleh kereta api, mulai pukul 01.00 WIB.

“Meskipun di beberapa titik jalur rel yang sebelumnya tergenang banjir kereta api harus melntas dengan kecepatan terbatas, scara umum perjalanan kereta api mulai kembali normal,” tegasnya.

Ixfan juga menyampaikan, seluruh jajaran PT KAI Daop 4 Semarang akan terus berupaya mengupayakan pembenahan di titik-titik yang sempat tergenang. Yakni melakukan penambahan balas, pemadatan jalur, peninggian jalur rel, pembersihan saluran drainase di kanan kiri jalur rel, serta berbagai langkah lainnya untuk menormalkan kembali jalur kereta api.

“PT KAI selalu berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan para penguna jasa perjalanan kereta api,” tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement