Senin 02 Jan 2023 06:00 WIB

Harga Hotel di Makkah dan Madinah Naik 300 Persen, Ini Saran Amphuri

Amphuri menyebutkan kenaikan harga hotel di Makkah dan Madinah naik 300 persen.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Amphuri menyebutkan kenaikan harga hotel di Makkah dan Madinah naik 300 persen. Foto: Hotel di Makkah.
Foto: arab news
Amphuri menyebutkan kenaikan harga hotel di Makkah dan Madinah naik 300 persen. Foto: Hotel di Makkah.

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah (Amphuri) mengeluarkan surat edaran nomor 1777/DPP- Amphuri/XII/2022. Surat untuk menyikapi kondisi terkini di Arab Saudi, khususnya tiket penginapan atau hotel mengalami kenaikan sampai 300 persen.

"Jika sebelumnya timbul masalah

Baca Juga

langkanya vaksin, kemudian disusul melambungnya tarif tiket, kini harga hotel ikut meroket sampai 300 persen," begitu isi surat yang dikirim Ketua Amphuri Firman M Nur, kepada Republika, kemarin.

Amphuri berharap masyarakat memaklumi kondisi saat ini yang begitu berat bagi

penyelenggara perjalanan ibadah umrah untuk tetap dapat memberikan pelayanan terbaik kepada jamaah sebagaimana di komitmen awal. Untuk itu, Amphuri menyarankan para pelaku usaha perjalanan ibadah umrah dan jamaah agar melakukan beberapa hal sebagai berikut.

Pertama, menyampaikan kondisi yang terjadi dengan bermusyawarah untuk mufakat dengan calon jamaah umrah sehingga bisa memahami kondisi yang terjadi.

Kedua, jika memang harus melakukan penambahan biaya, maka penambahan biaya tersebut harus sesuai dengan keadaan sesungguhnya.

Ketiga, jika memang harus melakukan perubahan hotel baik setaraf maupun di bawahnya(downgrade) pelayanan dikarenakan hotel yang dipilih telah full booked, sebaiknya disosialisasikan kepada jamaah terlebih dulu.

Empat, jika memang harus melakukan perubahan program/jadwal keberangkatan yang semestinya ke Mekkah, namun bisa terlebih dulu ke Madinah atau sebaliknya. Bisa juga sebelum ke Madinah ke Thaif dulu.

"Namun semua itu harus disosialisasikan

kepada jamaah, sehingga jamaah tetap merasa aman, nyaman dan menyenangkan," katanya.

Kelima terus melakukan edukasi dan sosialisasi kepada jamaah/masyarakat terkait perubahan situasi yang terjadi di Saudi.

Keenam, jika ada perubahan program dan harga, penyelenggara bisa menawarkan program.tersebut dengan komitmen baru yang disetujui jamaah. Demikian hal ini kami sampaikan untuk diketahui, dipahami dan demi kemashlahatan serta keselamatan bersama.

Semoga para penyelenggara perjalanan ibadah umrah dan jamaah senantiasa diberikan kemudahan dan kelancaran dalam melaksakan ibadah umrah

sebagaimana yang sudah direncanakan.

"Atas perhatian dan kerjasama yang baik, kami mengucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Dewan Pengurus," begitu isi pesan terakhir dalam surat yang ditandatangani Firman M Nur sebagai Ketua DPP Amphuri dan Sekjen Amphuri Farid Aljawi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement