Ahad 01 Jan 2023 19:42 WIB

Golongan yang akan Mendapatkan Kabar Gembira dari Para Malaikat 

Orang yang beriman dan beristiqamah akan mendapatkan kabar gembira malaikat

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi surga. Orang yang beriman dan beristiqamah akan mendapatkan kabar gembira malaikat berupa surga.m
Foto: Pixabay
Ilustrasi surga. Orang yang beriman dan beristiqamah akan mendapatkan kabar gembira malaikat berupa surga.m

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Orang-orang yang beriman kepada Allah SWT dan tetap dalam pendiriannya beriman hanya kepada Allah SWT, mereka akan mendapat kabar gembira dari malaikat berupa surga kelak di akhirat. 

Hal ini dijelaskan dalam Tafsir surat Fussilat ayat 30.

Baca Juga

اِنَّ الَّذِيْنَ قَالُوْا رَبُّنَا اللّٰهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوْا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ اَلَّا تَخَافُوْا وَلَا تَحْزَنُوْا وَاَبْشِرُوْا بِالْجَنَّةِ الَّتِيْ كُنْتُمْ تُوْعَدُوْنَ

“Sesungguhnya orang-orang yang berkata, “Tuhan kami adalah Allah,” kemudian tetap (dalam pendiriannya), akan turun malaikat-malaikat kepada mereka (seraya berkata), “Janganlah kamu takut dan bersedih hati serta bergembiralah dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan kepadamu.” (QS Fussilat ayat 30)

Menurut Tafsir Kementerian Agama, ayat ini menerangkan bahwa orang-orang yang mengatakan dan mengakui bahwa Tuhan yang menciptakan, memelihara, dan menjaga kelangsungan hidup, memberi rezeki, dan yang berhak disembah, hanyalah Tuhan SWT. 

Kemudian mereka tetap teguh dalam pendiriannya itu, maka para malaikat akan turun untuk mendampingi mereka pada saat-saat diperlukan. 

Di antaranya pada saat mereka meninggal dunia, di dalam kubur, dan dihisab di akhirat nanti, sehingga segala kesulitan yang mereka hadapi terasa menjadi ringan. 

Baca juga: Argumentasi Ini Bantah Para Filsuf yang Tolak Ayat Alquran Bumi Terdiri Atas 7 Lapis

 

Dalam hadits Nabi Muhammad SAW diterangkan bahwa teguh dalam pendirian itu merupakan hal yang sangat diperlukan seorang mukmin. 

عَنْ أَبِيْ عَمْرٍو –وَ قِيْلَ أَبِي عَمْرَةَ- سُفْيَانَ بْنِ عَبْدِ اللهِ رضي الله عنهما قَالَ: قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللهِ قُلْ لِيْ فِيْ الإِسْلاَمِ قَوْلاً لاَ أَسْأَلُ عَنْهُ أَحَدًا غَيْرَكَ. قَالَ: قُلْ أَمَنْتُ بِاللهِ ثُمَّ اسْتَقِمْ. رواه مسلم

Dari Abu ‘Amr –ada yang mengatakan Abu ‘Amrah, Sufyan bin Abdillah radhiyallahu ‘anhuma dia berkata, "Aku berkata, ”Ya Rasulullah, beritahukan kepadaku satu perkataan dalam Islam, yang aku tidak akan bertanya lagi kepada kepada seorangpun selain engkau.” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ”Katakanlah: “Aku beriman kepada Allah”, kemudian istiqamahlah.”(HR Muslim) 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement