Ahad 01 Jan 2023 19:42 WIB

Golongan yang akan Mendapatkan Kabar Gembira dari Para Malaikat 

Orang yang beriman dan beristiqamah akan mendapatkan kabar gembira malaikat

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi surga. Orang yang beriman dan beristiqamah akan mendapatkan kabar gembira malaikat berupa surga.m
Foto:

Menurut Abu Bakar, yang dimaksud dengan perkataan istiqamah adalah tidak mempersekutukan Allah SWT dengan sesuatu apapun. 

Kepada orang yang beriman dan berpendirian teguh dengan tidak mempersekutukan-Nya, Allah SWT menurunkan malaikat yang menyampaikan kabar menggembirakan, memberikan segala yang bermanfaat, menolak kemudaratan, dan menghilangkan duka cita yang mungkin ada padanya dalam seluruh urusan duniawi maupun urusan ukhrawi. 

Dengan demikian, dadanya menjadi lapang dan tenteram, tidak ada kekhawatiran pada diri mereka. 

Sedangkan kepada orang-orang kafir, datang setan yang selalu menggoda mereka, sehingga menjadikan perbuatan buruk indah menurut pandangan mereka. 

Waki‘ dan Ibnu Zaid berpendapat bahwa para malaikat memberikan berita gembira kepada orang-orang yang beriman pada tiga keadaan yaitu, ketika mati, di dalam kubur, dan di waktu kebangkitan. 

Baca juga: Siapa Sosok Dzulqarnain yang Disebutkan dalam Alquran? Ini Penjelasan Para Ulama

Kepada orang-orang yang beriman itu para malaikat mengatakan agar mereka tidak usah khawatir menghadapi hari kebangkitan dan hari perhitungan nanti. 

Mereka juga tidak usah bersedih hati terhadap urusan dunia yang luput dari mereka seperti yang berhubungan dengan keluarga, anak, harta, dan sebagainya. 

 

Di akhir, ayat ini menjelaskan bahwa para malaikat mengatakan kepada orang-orang beriman agar bergembira dengan surga yang telah dijanjikan para Rasul SAW. Mereka pasti masuk surga, dan kekal di dalamnya.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement