Ahad 01 Jan 2023 10:36 WIB

Erick Thohir Kenang Pele Sebagai Ikon Sepak Bola

Pele sudah menjadi bagian terpenting dalam kemajuan dunia persepakbolaan.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Pele yang mendapatkan julukan O Rei (Sang Raja) meninggal pada 29 Desember 2022 dalam usia 82 tahun.
Foto: Dok Republika
Pele yang mendapatkan julukan O Rei (Sang Raja) meninggal pada 29 Desember 2022 dalam usia 82 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan ucapan belasungkawa atas berpulangnya legenda sepak bola dunia asal Brasil Edson Arantes do Nascimento alias Pele. Ucapan belasungkawa Erick Thohir disampaikan melalui unggahan di akun Instagram pribadinya @erickthohir. Dia mengatakan, sepak bola telah kehilangan satu ikon yang sangat membanggakan dunia. 

Erick menilai, selain menjadi ikon, Pele sudah menjadi bagian terpenting dalam kemajuan dunia persepakbolaan. Berkat Pele, kini sepak bola menjadi salah satu olah raga yang sangat digandrungi masyarakat dunia. 

"Sepak bola telah kehilangan ikon. Seorang legenda yang menginspirasi dan membesarkan sepak bola," tulis Erick Thohir dalam unggahannya pada Jumat (30/12/2022).

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Erick Thohir (@erickthohir)

Erick juga menyebutkan bahwa kehadiran Pele di olah raga sepak bola membawa semangat positif di dunia internasional, terutama dalam upaya membawa perdamaian antarnegara dunia. Erick melihat, Pele sebagai sosok yang tidak hanya lihai mengolah bola di lapangan hijau. Namun lebih dari itu Pele telah berhasil membangun sinergi kekuatan dalam menghadirkan persatuan melalui sepak bola. 

"Ia juga sudah membuktikan, sepak bola punya kekuatan besar untuk menyatukan. Selamat jalan Pele," kata Erick Thohir. 

Erick Thohir memiliki hubungan yang sangat dekat dengan dunia olah raga, khususnya sepak bola. Ia pernah menjabat sebagai presiden klub besar di Italia, yakni Internazionale Milan pada periode 2013-2016.  

Tercatat, pendiri Mahaka Group itu pernah juga menjadi orang Asia pertama yang memiliki tim bola basket NBA Philadelphia 76ers. Saat ini, Erick merupakan salah satu pemilik klub divisi bawah Liga Inggris, Oxford United.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement