Sabtu 31 Dec 2022 05:15 WIB

4 Cara Melatih Otak untuk Membiasakan Membaca Alquran

Baca setidaknya satu ayat sehari dan berinteraksilah dengannya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Ani Nursalikah
Seorang wanita Muslim membaca Alquran di Masjid Istiqlal di Jakarta, Indonesia, Selasa, 5 April 2022.  4 Cara Melatih Otak untuk Membiasakan Membaca Alquran
Foto: AP/Tatan Syuflana
Seorang wanita Muslim membaca Alquran di Masjid Istiqlal di Jakarta, Indonesia, Selasa, 5 April 2022. 4 Cara Melatih Otak untuk Membiasakan Membaca Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap umat Islam tentu tahu rutin membaca ayat suci Alquran akan membawa keberkahan dalam hidup. Akan tetapi, banyak muslim dan muslimah yang belum bisa merealisasikannya sehingga penting untuk segera memulai dan membiasakannya. 

Setelah kebiasaan baru terbentuk, Anda tidak terlalu bergantung pada motivasi dan kemauan keras untuk melakukannya. Sebanyak 95 persen hidup akan ditentukan oleh pikiran bawah sadar –bagian dari otak yang menjalankan aktivitas dengan autopilot seperti menyikat gigi, berpakaian, dan lainnya tanpa memikirkannya.

Baca Juga

Dilansir dari laman About Islam, Jumat (30/12/2022), berikut adalah empat cara untuk membentuk kebiasaan membaca Alquran.

Mulai dari yang kecil

Sasaran besar memang mengasyikkan, tetapi sasaran yang kecil lebih cenderung membawa kesuksesan. Tindakan kecil menipu otak Anda. Alam bawah sadar suka memegang kendali; ia tidak menyukai perubahan, dan perubahan besar sering kali menimbulkan penolakan.

Baca setidaknya satu ayat sehari dan berinteraksilah dengannya. Buka Quran dan pilih satu ayat saja. Lalu baca, terjemahkan jika perlu, dan yang terpenting, rasakan. Misalnya, jika ayat tentang surga, bayangkan di benak Anda tentang hal-hal yang ada di surga. Begitupun jika ayatnya tentang api neraka, bayangkan rasa sakit dan penyesalannya.

Simpan Alquran di berbagai tempat

Pilih waktu yang biasanya paling cocok untuk membaca Alquran. Jika Anda berkomitmen selalu membaca lima menit sebelum tidur, maka setelah beberapa minggu Anda secara otomatis akan berpikir untuk membaca sebelum tidur. Pemicu visual juga bekerja dengan baik.

Strateginya, Anda bisa menyimpan Alquran di berbagai tempat, mulai dari kamar tidur, ruang tamu, bahkan dapur. Menyimpan Alquran di samping tempat tidur akan memicu Anda untuk membacanya ketika hendak tidur di malam hari.

Ciptakan posisi nyaman

Jadikan rutinitas membaca Alquran sebagai suatu aktivitas yang menyenangkan; duduk dalam posisi nyaman dan rileks. Semakin nyaman Anda membaca, semakin besar kemungkinan Anda akan menaatinya.

Konsisten

Seorang penulis memulai kebiasaan menulis materi baru setiap hari dengan menggunakan kalender dinding dan spidol. Setiap hari dia berhasil menulis dia akan memberi tanda X besar berwarna merah di kalender. Dia tidak ingin melihat hari-hari kosong tanpa menulis, jadi ini mendorongnya untuk menulis setiap hari.

Anda pun bisa mengadopsi cara ini untuk membiasakan membaca Alquran. Coba cara ini selama satu bulan, insya Allah!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement