Jumat 30 Dec 2022 07:59 WIB

Sunnah-Sunnah di Hari Jumat

Jumat merupakan hari paling utama dalam seminggu.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Umat Islam membaca Alquran. Sunnah-Sunnah di Hari Jumat
Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Umat Islam membaca Alquran. Sunnah-Sunnah di Hari Jumat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jumat merupakan hari paling utama dalam seminggu. Ada beberapa sunnah dan etika yang seharusnya diketahui oleh seorang Muslim dan sebisa mungkin dilakukan.

Imam Syafii dalam Fikih Manhaji menjabarkan sunnah-sunnah berikut.

Baca Juga

Pertama, disunahkan membaca Surah Al-Kahfi pada Jumat dan malamnya. Imam An-Nasa'i meriwayatkan dari Abu Said Al-Khudri bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barang siapa yang membaca Surah Al-Kahfi pada Jumat akan bercahaya selama masa antara dua hari Jumat,".

Kedua, disunahkan untuk berdoa pada siang dan malam Jumat. Imam Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda saat menyinggung hari Jumat.

"Ada waktu di hari Jumat yang jika seorang Muslim melaksanakan shalat pada waktu itu sambil memohon sesuatu kepada Allah SWT, pasti diberi oleh-Nya,". (HR Bukhari dan Muslim).

Ketiga, disunahkan untuk perbanyak bershalawat pada siang dan malam Jumat. Sebuah hadis menyebutkan, "Hari yang paling utama adalah hari Jumat. Maka, banyak-banyaklah bershalawat untukku pada hari itu karena shalawat kalian diperlihatkan padaku,". (HR Abu Dawud).

photo
Infografis surat yang kerap dibaca Nabi Muhammad saat sholat jumat. - (Dok Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement