Rabu 28 Dec 2022 16:07 WIB

Seseorang Bisa Terinfeksi Covid-19 Berkali-Kali, Ini Penjelasan Ahli Imunologi

Virus Covid-19 diketahui sangat pintar menghindar dari sistem kekebalan tubuh.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Virus Covid-19 diketahui sangat pintar menghindar dari sistem kekebalan tubuh.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Virus Covid-19 diketahui sangat pintar menghindar dari sistem kekebalan tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19 memiliki cara untuk menembus beberapa pertahanan antibodi tubuh manusia. Menurut Dr Hélène Decaluwe, seorang ahli imunologi dan ilmuwan klinis, subvarian Omicron bisa menghindari kapasitas sistem kekebalan.

“Alasan itulah yang membuat orang lebih rentan terhadap infeksi ulang daripada varian sebelumnya,” kata dia, seperti dikutip dari laman CBC News, Rabu (28/12/2022).

Baca Juga

Sebagian besar orang Kanada telah terinfeksi atau divaksinasi. Decaluwe yang juga seorang profesor di University of Montreal, mengatakan, kendati demikian, hal itu tidak dapat sepenuhnya memblokir transmisi. Decaluwe mengatakan, tingkat antibodi adalah cara penting untuk memblokir penularan, tetapi tingkatnya juga menurun setelah infeksi pertama.

"Jika Anda memiliki seri utama dari dua dosis vaksin dan Anda memiliki penguat dengan (dosis) ketiga itu, kita dapat melihat pada pasien yang telah terinfeksi mungkin mengarah pada memori jangka panjang yang lebih baik dari infeksi," lanjut dia.

Hal ini karena sistem kekebalan tubuh tidak hanya terpapar protein lonjakan virus tetapi juga protein lain yang penting untuk melindungi kita dari penyakit parah.

 

Apa yang terjadi jika antibodi tidak melindungi kita?

Itulah yang coba diungkap penelitian Decaluwe dan tim lab-nya mengenai respons sel-T. Sel T. Sel ini merupakan sejenis sel darah putih yang membantu melindungi tubuh dari infeksi, seperti penjaga bersenjata yang melemparkan tombak ke arah virus Covid dari menara kastil.

Ketika antibodi gagal menangani virus, sel-T bekerja untuk mencegah rawat inap dan kematian akibat Covid-19 dengan menargetkan dan menghancurkan sel yang terinfeksi virus. Sel T tidak mencegah infeksi tetapi mulai bekerja setelah virus menembus.

Decaluwe dan rekan-rekannya dengan Jaringan Respons Cepat Varian Coronavirus (CoVaRR-Net) menggunakan sampel darah lengkap dari hampir 600 individu dan teknologi canggih untuk mempelajari respons sel-T. Decaluwe mengatakan, sekitar setengah dari subjek terus memberikan sampel darah untuk membantu peneliti melihat antibodi dan sel kekebalan lainnya untuk merinci kualitas respons mereka.

Antibodi diciptakan oleh jenis sel kekebalan lain yang dikenal sebagai sel B. Ketika pertahanan kekebalan di hidung dan antibodi tidak cukup efisien untuk memblokir infeksi, maka sel-T dan sel-B muncul. 

Salah satu peran sel-B adalah mengingat penyerbu untuk membantu membuat antibodi saat terinfeksi ulang. Seolah-olah sel-B dipersenjatai dengan poster yang paling dicari untuk menggunakan busur dan anak panah atau ketapel melawan Omicron.

Terlepas dari keunggulan sistem kekebalan dan vaksinasi, sekitar 250 orang di Kanada dalam sepekan terus meninggal akibat Covid-19 selama dua pekan terakhir. Banyak dari mereka berusia lebih dari 65 tahun.

Individu yang lebih tua dan mereka yang memiliki kondisi penurunan kekebalan berisiko lebih tinggi mengalami Covid parah dan paling membutuhkan penguat pelindung. Kerentanan mereka berarti semakin menunjukan pentingnya peran para peneliti medis untuk terus mengawasi peningkatan kekebalan tubuh.

Bowdish, Ketua Riset Kanada dalam penuaan dan kekebalan, mengatakan saat virus menyerang , respons kekebalan alami tubuh manusia mencoba memanggil bantuan. Begitu virus berhasil melewati lapisan pertahanan pertama, antibodi kemudian bertindak. 

Antibodi perlu 'menempel' pada virus agar efektif. Beberapa pekan setelah seseorang divaksinasi, sistem kekebalan menghasilkan banyak antibodi. Bahkan jika itu tidak menempel dengan baik, jumlah yang banyak cenderung menawarkan perlindungan. Imbalannya adalah manusia membutuhkan banyak energi untuk membuat antibodi, yang berkurang selama berminggu-minggu dan berbulan-bulan.

"Dalam konteks Omicron, terdokumentasi dengan baik bahwa semakin dekat Anda dengan vaksin Anda, semakin kecil kemungkinan Anda terinfeksi virus karena beberapa minggu setelah Anda menerima vaksin, tingkat antibodi Anda sangat tinggi," kata Bowdish.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement