Rabu 28 Dec 2022 06:15 WIB

10 Masjid Era Ottoman Terbaik di Istanbul

Masjid peninggalan Ottoman memukau pengunjung dengan kejeniusan arsitekturnya.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Wisatawan dari berbagai negara mengunjungi Masjid Hagia Sophia di Istanbul, Turki, Jumat (25/11/2022). Bangunan ikonik yang dulunya merupakan gereja selama 916 tahun lebih itu tidak hanya menjadi primadona wisatawan tetapi juga menjadi tujuan wisata religi jamaah umroh asal Indonesia seusai maupun sebelum menjalankan ibadah di Tanah Suci Mekkah.
Foto:

Suleymaniye

Salah satu masjid terbesar di Istanbul adalah Suleymaniye, dibangun oleh Suleyman I, yang juga disebut Suleyman the Magnificent karena eranya mewakili periode terbesar Kekaisaran Ottoman, yang mencapai puncak kekuasaannya di bawahnya pada abad ke-16.

Masjid Suleymaniye, juga dibangun oleh jenius arsitektur Ottoman Mimar Sinan, adalah salah satu masjid terbaik di dunia. Terletak di dekat markas kekaisaran ibukota Ottoman di sisi Eropa, itu telah menjadi masjid terbesar di Istanbul sampai pembangunan Masjid Camlica pada tahun 2019 di sisi kota Asia.

photo
Masjid Sehzade Korkut - (aa.com)

Masjid Sehzade

Masjid ini disebut Sehzade, yang berarti pangeran dalam struktur politik Ottoman, karena didedikasikan untuk putra kesayangan Suleyman, Mehmet, yang meninggal karena cacar pada usia yang sangat muda.

"Tidak ada masjid lain yang dibangun untuk seorang pangeran Ottoman dalam sejarah Ottoman," ujar Yilmaz, mengacu pada Masjid Sehzade, yang arsitektur dan dua menaranya menunjukkan bahwa komisarisnya adalah seorang sultan dan dimaksudkan untuk didirikan untuk seorang raja yang masih hidup.

"Sebenarnya ini adalah monumen berkabung," ucap Gulru Necipoglu, seorang profesor Seni atau Arsitektur Islam Turki-Amerika di Universitas Harvard, mengacu pada bagaimana Suleyman the Magnificent dan istrinya, Hurrem Sultan, merasa sangat sedih karena kehilangan putra tercinta mereka.

Masjid ini adalah salah satu tugas paling signifikan dari Sultan Sinan dan salah satu mahakaryanya, yang digembar-gemborkan oleh karya seni besar berikutnya seperti Suleymaniye dan Selimiye, yang terletak di Edirne, ibu kota Ottoman sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement