Kamis 22 Dec 2022 23:51 WIB

Berapa Jumlah Pintu Surga dan dari Pintu Manakah Kita akan Lewat?

Allah SWT menyiapkan surga kelak untuk hamba-Nya yang beriman dan beramal saleh

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Surga. Allah SWT menyiapkan surga kelak untuk hamba-Nya yang beriman dan beramal saleh
Foto: Pixabay
Ilustrasi Surga. Allah SWT menyiapkan surga kelak untuk hamba-Nya yang beriman dan beramal saleh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Allah SWT menjanjikan hambanya yang beriman, beramalah saleh, dan bertakwa di dunia dengan surga kelak di akhirat. Berapa jumlah pintu surga dan dari pintu manakah kita akan lewat?

Kitab Masyariq al-Anwar karya al-Adawi menjelaskan tentang jumlah pintu surga. Dipaparkan dalam kitab itu bahwa surga memiliki delapan pintu, sebagaimana hadits riwayat Bukhari dan Muslim. Termasuk pintu surga al-Rayyan yang diperuntukkan bagi orang-orang yang berpuasa.

Baca Juga

Ada pula pintu surga yang diperuntukkan bagi Muslim yang melakukan berbagai kebaikan yang lain. Misalnya kebaikan dalam melakukan ibadah sholat, sedekah, dan jihad. Hal ini diketahui dari hadits berikut, bahwa Rasulullah SAW bersabda: 

مَن أنفق زوجين من ماله في سبيل الله دُعِيَ من أبواب الجنة، وللجنّة أبواب. فمن كان من أهل الصّلاة دعي من باب الصلاة ومن كان من أهل الصّيام دُعِيَ من باب الريان، ومن كان من أهل الصدقة دُعِيَ من باب الصدقة ومن كان من أهل الجهاد دُعِيَ من باب الجهاد

 

"Siapa yang berinfak untuk kedua istrinya dengan sebagian hartanya di jalan Allah maka akan dipanggil dari pintu surga. Surga itu memiliki banyak pintu. Mereka yang termasuk ahli shalat akan dipanggil dari pintu shalat. Mereka yang termasuk ahli jihad akan dipanggil dari pintu jihad, dan mereka yang termasuk ahli sedekah akan dipanggil dari pintu sedekah." (HR Thabrani)

Dari delapan pintu surga itu, ada pintu yang khusus untuk mereka yang gemar melaksanakan ibadah sholat dhuha, sehingga ada pintu surga bernama Dhuha. 

Al-Adawi memang menjelaskan tentang adanya delapan pintu surga, tetapi tidak menyebutkan semua pintu-pintu surga tersebut. 

Al-Qurthubi dalam kitabnya, al-Tadzkirah, yang mengutip riwayat dari At-Tirmidzi dan Al-Hakim, menyampaikan bahwa ada pintu surga khusus bagi umat Nabi Muhammad SAW, yang tidak boleh dimasuki oleh orang lain.

Riwayat itu menyampaikan bahwa Rasulullah SAW memasuki surga melalui pintu Muhammad, yakni pintu rahmat dan taubat. Meski memang, ada riwayat yang lemah di dalamnya.

Kitab Al-Masyariq juga menyebutkan tentang neraka. Neraka memiliki tujuh pintu sebagaimana firman Allah SWT.

وإنَّ جَهَنَّمَ لَمَوْعِدُهُمْ أَجْمَعِينَ لَهَا سَبْعَةُ أَبْوابٍ لِكُلِّ بابٍ مِنْهُمْ جُزْءٌ مَقْسُومٌ   

"Dan sungguh, Jahanam itu benar-benar (tempat) yang telah dijanjikan untuk mereka (pengikut setan) semuanya. (Jahanam) itu mempunyai tujuh pintu. Setiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan tertentu dari mereka." (QS Al-Hijr ayat 43-44)

Ketujuh pintu neraka tersebut yaitu, Jahannam, Saqar, Ladha, Huthamah, Jahim, Hawiyah, dan Sair.

 

 

Sumber: islamonline  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement