Rabu 21 Dec 2022 15:00 WIB

Tanda Kiamat Kubra: Munculnya Al Mahdi, Ini Ciri, Tanda-Tanda, dan Waktu Munculnya

Riwayat yang paling shahih menyebutkan Al Mahdi dilahirkan di Madinah.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Tanda Kiamat Kubra: Munculnya Al Mahdi, Ini Ciri, Tanda-Tanda, dan Waktu Munculnya
Foto:

Waktu kemunculannya

Ibnu Katsir dalam kitab Al-Fitan wal Malahim mengatakan, “Saya mengira bahwa kemunculan Al Mahdi terjadi ketika Isa bin Maryan turun ke bumi.

Rasulullah SAW bersabda, “Isa bin Maryam AS turun, maka pemimpin mereka, Al Mahdi berkata, 'Kemarilah, jadilah imam shalat kami'. Isa menjawab, "Tidak! Sesungguhnya sebagian kalian adalah pemimpin bagi sebagian yang lain sebagai penghormatan dari Allah kepada umat ini," (HR. Muslim).

Hadits yang diriwayatkan Al Harits bin Abu Usamah RA menunjukkan dan mengisyaratkan hal ini. Karena Isa bin Maryam AS mengatakan pemimpin mereka adalah Al Mahdi dan hadits ini juga menunjukkan bahwa ia muncul ketika Nabi Isa turun. Demikian juga berbagai riwayat Muslim dan riwayat riwayat lainnya.

Semua ini mengindikasikan waktu keluarnya bertepatan dengan rangkaian peristiwa tanda kubra. Dijelaskan juga selang waktu terjadinya kiamat dengan masa Al Mahdi sangat dekat sekali dan tinggal tersisa beberapa tanda besar kiamat saja untuk sampai pada hari kiamat.

Pada zamannya pula, Dajjal akan muncul saat Al Mahdi dan pasukannya sibuk dalam peperangan melawan Romawi dan Konstantinopel. Lalu Isa dan Al Mahdi akan bekerja sama untuk membunuh Dajjal. Masa kekuasaan Al Mahdi tidak akan berlangsung lama, tidak lebih dari 7 atau 8 tahun saja. Kemudian Al Mahdi meninggal dan Isa AS berkuasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement