Selasa 20 Dec 2022 19:30 WIB

Kiamat Sughra, Tanda Hari Akhir yang Telah Terjadi

Dinamakan demikian, bukan berarti tanda sughra berarti kecil.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Kiamat Sughra, Tanda Hari Akhir yang Telah Terjadi
Foto:

Wafatnya Umar bin Khattab

Diriwayatkan dalam Shahih Al Bukhari, bahwa Umar RA pernah bertanya kepada Hudzaifah mengenai fitnah yang datang bergelombang laksana gelombang samudera. Maka Hudzaifah menjawab, "Wahai Amirul Mukminin, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, terdapat pintu yang tertutup rapat antara diri Anda dan fitnah tersebut." Umar bertanya, 'Apakah pintu itu akan dibuka ataukah didobrak?" Hudzaifah menjawab, "(Tidak dibuka) tapi pintu tersebut akan didobrak." Umar berkata, "Kalau begitu, sebaiknya pintu itu tidak ditutup selamanya." Dan yang dimaksud dengan pintu tersebut ialah diri Umar sendiri.

Makna hadits ini ialah, Umar mengetahui bahwa di antara tanda-tanda kiamat ialah merebaknya fitnah seperti malam yang gelap gulita. Karena itu, dia bertanya kepada Hudzaifah bin Al-Yaman karena kedekatannya dengan Rasulullah serta banyaknya hadits beliau yang ia hafal agar sudi kiranya menjelaskan mengenai fitnah ini kepadanya. Maka Hudzaifah menjawab, "Jangan khawatir wahai Umar, sebab fitnah-fitnah tersebut hanya akan terjadi sesudah kau wafat (terbunuh).

Terhapusnya jizyah dan pajak

Hal ini juga menjadi salah satu tanda kiamat sughra yang telah terjadi dan dampaknya terlihat saat ini. Setelah menguatnya kekuatan musuh dan berhasilnya mereka dalam menahan serangan kaum muslimin, bahkan beralih menyerang balik.

Yang nampak jelas pada kondisi ini ialah terhapusnya jizyah dan pajak yang disebabkan lemahnya negara Islam dalam melindungi tanah air dan ahlu dzimmah yang hidup di dalamnya. Di samping itu, tiada lagi pihak-pihak yang membayar pajak kepada mereka.

Nabi bersabda:

عن أبي هريرة رضي الله عنه ، قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : «مَنعت العراق دِرْهَمِها وقِفِّيزها، ومنعت الشام مُدْيها ودينارها، ومنعت مصر إردَبَّها ودينارها، وعُدتم مِن حيث بَدَأتُم، وعُدتم من حيث بدأتم، وعُدتم من حيث بدأتم» شَهِد على ذلك لحم أبي هريرة ودمه.

[صحيح] - [رواه مسلم]

Artinya: Dari Abu Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Iraq akan menahan dirham dan takaran makanannya, Syam akan menahan takaran makanan dan dinarnya, Mesir akan menahan takaran makanan dan dinarnya. Kalian akan kembali seperti keadaan awal mula, kalian akan kembali seperti keadaan awal mula, dan kalian akan kembali seperti keadaan awal mula. Abu Hurairah bersaksi atas hal itu." (HR. Muslim).

Selain tanda-tanda di atas, Syekh Mahir Ahmad Ash Shufi juga menyebutkan berbagai tanda lain dalam kiamat sughra, yakni terbunuhnya Utsman bin Affan, tragedi perang jamal, tragedi perang shiffin, fitnah khawarij dan perang nahwawan, penyerahan kekuasaan dari Hasam kepada Muawiyah, fitnah Tatar dan serangan Turki, munculnya para dajjal yang mengaku Nabi, penaklukan Madain ibu kota Persi, situasi jalan-jalan yang aman hingga harta yang melimpah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement