Ahad 11 Dec 2022 00:53 WIB

Lima Desain Bingkai Jendela dari Timur Tengah

Bingkai jendela dan jendela cenderung menjadi bagian arsitektur yang terabaikan.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Desain bingkai jendela Hijazi Rawashin dari Arab Saudi. Jendela panjang berbingkai kayu ini adalah fitur arsitektur khas kota Jeddah di Laut Merah, Arab Saudi.
Foto: Reuters
Desain bingkai jendela Hijazi Rawashin dari Arab Saudi. Jendela panjang berbingkai kayu ini adalah fitur arsitektur khas kota Jeddah di Laut Merah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bingkai jendela dan jendela cenderung menjadi bagian arsitektur yang terabaikan, dengan tampilan yang mereka prioritaskan. Namun, di Timur Tengah mungkin menjadi pengalaman berharga bagi mereka yang meluangkan waktunya untuk memperhatikan.

Di sini setiap negara mengadopsi gaya arsitektur unik yang menggabungkan warisan artistik berabad-abad. Desain ini memiliki elemen estetika dan utilitarian, sebelum adanya AC, upaya yang luar biasa dilakukan untuk membangun kerangka agar memungkinkan masuknya udara dingin sebanyak mungkin sambil menjaga dari gangguan seperti debu, serangga, dan pasir.

Baca Juga

Untuk pemilik rumah dan desainer, bingkai juga berfungsi sebagai cara mempercantik tempat tinggal mereka, dengan beberapa gaya yang membutuhkan waktu berminggu-minggu dan berbulan-bulan untuk diproduksi, tergantung pada kerumitan desainnya.

Berikut lima desain terkenal dari wilayah di Timur Tengah.

1. Hijazi Rawashin (Arab Saudi)

Jendela panjang berbingkai kayu ini adalah fitur arsitektur khas kota Jeddah di Laut Merah, Arab Saudi. Biasanya terlihat di lingkungan yang lebih tua, yang telah terhindar dari desain mencolok tetapi tidak berkarakter yang terkait dengan distrik yang diregenerasi, jendela ini mencerminkan pengaruh Arab, Persia, dan Ottoman selama berabad-abad.

Rangka yang menonjol memiliki bukaan, yang membuat udara dingin masuk ke rumah sambil menjaganya tetap tertutup dari luar, memberi penghuni kesunyian saat diinginkan. Bingkai jendela Rawashin biasanya menampilkan desain arab, yang terdiri dari bentuk dan pola geometris. Desain lainnya meliputi berbagai motif, dari bunga hingga tanaman dan buah-buahan.

Lekukan di dalam kayu membuat sinar matahari masuk untuk menerangi interior ruangan tanpa membiarkan terlalu banyak panas sehingga rumah menjadi hangat. Menurut beberapa sejarawan, kata ‘rawashin’ adalah bentuk jamak dari bahasa Persia ‘roshan’, yang berarti cahaya.

Selain sejarah panjang interaksi budaya antara Arab dan Persia, Jeddah dan wilayah Hijaz di Arab Saudi merupakan titik transit bagi peziarah dari seluruh dunia Muslim yang bepergian ke Makkah untuk melakukan umrah dan haji.

Oleh karena itu, mungkin saja, seperti banyak tradisi Hijaz, bentuk arsitektural diperkenalkan ke wilayah tersebut oleh pengunjung atau pendatang, sementara sumber lain mengklaim mereka berasal dari India atau Afrika Timur. Sejarawan mengatakan gaya itu pertama kali tiba di Jeddah selama periode Abbasiyah, tetapi menyebar luas di bawah Ottoman. Desain jendela modern yang dipengaruhi oleh rawashin dapat ditemukan di gedung-gedung pemerintah dan hotel-hotel besar di seluruh kota.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement