Selasa 06 Dec 2022 19:31 WIB

Dubes Brasil untuk Palestina Disambut Hangat di Gaza, Nobar Piala Dunia

Dubes Brasil untuk Palestina mengunjungi Jalur Gaza dan bertemu warga

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Dubes Brasil untuk Palestina, Francisco Mauro Holland, mengunjungi Jalur Gaza dan bertemu warga. Masyarakat Palestina di Jalur Gaza menyambut hangat kedatangannya beserta rombongan.
Foto: Al-Monitor
Dubes Brasil untuk Palestina, Francisco Mauro Holland, mengunjungi Jalur Gaza dan bertemu warga. Masyarakat Palestina di Jalur Gaza menyambut hangat kedatangannya beserta rombongan.

REPUBLIKA.CO.ID, RAMALLAH -- Duta Besar Brasil sekaligus Kepala Kantor Perwakilan Brasil untuk Negara Palestina, Francisco Mauro Holland berkunjung ke Jalur Gaza. Masyarakat Palestina di Jalur Gaza menyambut hangat kedatangannya beserta rombongan. 

Francisco Mauro menyampaikan rasa terima kasihnya kepada rakyat Gaza atas keramahan mereka dan menjelaskan bahwa kunjungannya adalah untuk mengungkapkan solidaritas Amerika Selatan dengan Jalur Gaza melawan tantangan yang dialaminya, dan menekankan bahwa negaranya akan terus memberikan dukungan terhadap rakyat Palestina.  

Baca Juga

Delegasi Brasil juga membahas kemungkinan peluang kerja sama antara Brasil dan Palestina di bidang pendidikan, kesehatan, dan olahraga. 

“Merupakan suatu kehormatan dan saya sangat bangga berada di sini di Rafah Jalur Gaza untuk kedua kalinya di antara banyak teman dari warga Gaza. Saya berharap Brasil dan Palestina tetap berteman dekat sehingga kita dapat bekerja sama lebih banyak di berbagai bidang, terutama olahraga," kata Duta Besar Brasil kepada Middle East Monitor, Selasa (6/12/2022). 

Kunjungan Duta Besar tersebut mencakup berbagai kegiatan di berbagai tempat di Jalur Gaza, termasuk mengunjungi markas UNRWA di Kota Gaza untuk lebih mengenal kegiatan UNRWA di Jalur Gaza. 

Duta Besar Mauro mengatakan dia sangat senang dengan kunjungan ini dan memuji peran konstruktif yang dimainkan di banyak bidang. 

Sejak bertahun-tahun, Brasil telah mendukung UNRWA untuk mempertahankan layanan sosial yang andal dan responsif di Gaza, termasuk perawatan kesehatan, pendidikan, dan bantuan pangan. 

Pemerintah Brasil menyumbangkan peralatan medis darurat, pasokan antibiotik, obat diabetes dan hipertensi, serta bahan medis sekali pakai kepada UNRWA, yang berkontribusi pada upaya Badan tersebut dalam memberikan bantuan medis dasar kepada pengungsi Palestina di Gaza.  

Selain itu, Brasil telah menyumbangkan berton-ton beras, sebagian untuk memenuhi kebutuhan beras di Gaza untuk program pangan darurat 2014.

“Saya yakin dampak dari kunjungan tersebut sudah baik, kami mengunjungi program UNRWA, melakukan konsulat keliling untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Brasil dan menyaksikan pertandingan Brasil di Rafah,” kata Mauro.  

Francisco Mauro juga mengunjungi Kamp Pengungsi Brasil di kota Gaza selatan, dan menanam pohon zaitun di sana, dengan partisipasi Wali Kota Rafah. Beberapa orang mungkin terkejut mengapa sebuah kamp pengungsi di Jalur Gaza diberi nama "Kamp Brasil".  

Baca juga: Pernah Benci Islam hingga Pukul Seorang Muslim, Mualaf Eduardo Akhirnya Bersyahadat 

Ada beragam pandangan dibalik penamaan itu, beberapa mengatakan itu karena Brasil mendanai renovasi kamp pada 1990-an, sementara yang lain mengatakan itu terkait dengan batalion Brasil yang merupakan salah satu Pasukan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang berbasis di dekat perbatasan Mesir-Palestina setelah Gencatan Senjata yang terjadi setelah agresi tripartit melawan Mesir pada 1956.  

Di sisi lain, orang-orang kamp mengatakan bahwa karena sebagian besar rumah kamp yang dibangun, yang dihancurkan selama Intifadah pertama, adalah hibah dari Brasil. 

Duta Besar Brasil untuk Palestina, Francisco Mauro Holland, menyaksikan pertandingan sepak bola Piala Dunia FIFA antara tim nasionalnya dan Swiss di sebuah kamp pengungsi Palestina di Rafah.  

Duta Besar memutuskan untuk duduk di antara para pengungsi Palestina di Kamp Pengungsi Brasil di kota Gaza selatan, mengenakan keffiyeh yang diproduksi oleh Warga Palestina, dan berbagi momen ini dengan mereka. Untung baginya, dan suporter Brasil di antara para pengungsi, Brasil menang 1-0.

“Ini adalah malam yang istimewa saat saya menonton pertandingan negara saya di Piala Dunia di sini bersama teman-teman Palestina saya yang mendukung Brasil dan merayakan hubungan internasional kita di Jalur Gaza,” jelasnya.  

Dia menambahkan, "Saya sangat senang dengan kehadiran Brasil di sini dan bagaimana orang-orang tetap bersikap positif meskipun menghadapi semua tantangan. Orang Palestina mencintai sepak bola dan ada pemain yang sangat bagus di antara mereka dan saya ingin bekerja sama dalam olahraga antara Brasil dan Palestina.” 

Ini bukan kali pertama Duta Besar Brasil untuk Palestina berkunjung ke Gaza. Pada 2016, Duta Besar Brasil untuk Ramallah, Bapak Francisco Mauro de Holanda, mengunjungi kantor pusat PRCS di Kota Gaza untuk lebih mengenal kegiatan Lembaga di Jalur Gaza.  

Duta Besar mengatakan bahwa dia senang dapat mengambil bagian dalam kunjungan ini, yang bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan kerja sama dengan PRCS guna meningkatkan hasil kesehatan. Dia memuji upaya yang dilakukan oleh PRCS untuk membantu warga Palestina.

 

Sumber: middleeastmonitor      

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement