Rabu 30 Nov 2022 03:55 WIB

Enam Cara Agar Dosa Diampuni

Jangan biarkan rasa bersalah menjauhkan seorang Muslim dari rahmat Allah SWT.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Enam Cara Agar Dosa Diampuni
Foto:

Rasulullah SAW bersabda, "...dan sertailah keburukan dengan kebaikan yang akan menghapusnya… (HR At-Tirmidzi)

Keempat, terus-menerus memohon taubat kepada Allah SWT sekalipun terjerumus kembali pada perbuatan dosa. Ketika seorang Muslim bertaubat lalu jatuh kembali ke dalam perbuatan buruk, maka dia harus tetap kembali kepada Allah SWT untuk meminta ampunan.

Hal tersebut bukan berarti boleh berbuat dosa kembali karena Allah SWT menerima taubat hamba-Nya. Justru maksudnya ialah agar seorang Muslim jangan pernah berpaling dari rahmat Allah SWT dan terus-menerus memohon ampunan.

Kelima, bandingkan perbuatan buruk yang telah dilakukan dengan nikmat yang diberikan Allah SWT. Renungkan semua dosa yang telah dilakukan dari masa remaja sampa sekarang, seperti dosa berdusta, bergunjing, iri hati dan sombong, termasuk durhaka kepada orang tua dan mengabaikan ibadah-ibadah wajib.

Kemudian, sekarang cobalah untuk menghitung berkah yang telah diberikan Allah SWT selama ini. Dalam kondisi ini, akan muncul kesadaran betapa indahnya karunia Allah SWT.

Keenam, yaitu dengan melaksanakan sholat taubat. Rasulullah SAW bersabda, "Tiada seorang pun yang berdosa kemudian ia berwudhu lalu mengerjakan sholat (sholat taubat) serta memohon ampun kepada Allah melainkan ia akan diampuni oleh-Nya." (HR Ahmad)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement