Kamis 01 Dec 2022 03:41 WIB

Hal yang Dilakukan Rasulullah Setelah Pulang dari Perjalanan

Rasulullah selalu menyempatkan berdoa untuk orang-orang yang ada di dekatnya.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Ani Nursalikah
Hal yang Dilakukan Rasulullah Setelah Pulang dari Perjalanan
Foto:

"Karena sesungguhnya Allah akan senantiasa menyayangi hamba-hamba-Nya yang penyayang," (HR Al Bukhari dan Muslim).

Syekh Al-Izz Bin Abdus Salam mengatakan orang-orang yang penyayang akan disayang Sang Maha Penyayang. Hal itu sesuai hadits Rasulullah yang artinya, "Sayangilah penghuni bumi, niscaya yang di langit akan menyayangi kalian," (HR Abu Daud, Tirmidzi dan Abdullah bin Amr Bin Ash).

Syekh Al-Izz Bin Abdus Salam memastikan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam selalu mencium anak kecil dan bercanda dengannya. Hal itu sesuai dengan diceritakan Aqra bin Habis radhiallahu Anhu dan dia berkata, "Sesungguhnya aku memiliki 10 anak lelaki yang tidak pernah aku cium seorang pun di antara mereka." 

Maka, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, "Sesungguhnya orang yang tidak penyayang tidak akan disayang," (HR. Al Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah).

Anas berkata Rasulullah adalah sosok manusia yang memiliki akhlak terbaik. Dia menceritakan telah memiliki seorang saudara yang bernama Umair, maka, jika dia datang dan Rasulullah melihatnya, Rasulullah berkata, "Wahai Abu Umair Apa yang dilakukan Nughair (burung kecil)" (HR al-Bukhari).

Syekh Al-Izz Bin Abdus Salam mengatakan, mencandai anak-anak dapat meringankan psikologis mereka dan menjadikan hati mereka lapang dan jiwa mereka menjadi ringan. Selain itu, Rasulullah selalu mengucapkan salam pada anak-anak yang ditemunya. "Rasulullah SAW pernah lewat di tengah-tengah anak-anak, dan beliau mengucapkan salam pada mereka." (HR Al Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement