Rabu 23 Nov 2022 14:41 WIB

Makna Janji Panca Prasetya di Wisuda ke-56 Universitas BSI

Universitas BSI membaca janji panca prasetya saat dinyatakan lulus

Wisuda ke-56 Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) yang berlokasi di BSI Convention Center (BSI Convex), Bekasi, Selasa (22/11/2022).
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Wisuda ke-56 Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) yang berlokasi di BSI Convention Center (BSI Convex), Bekasi, Selasa (22/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Seremonial setiap kampus tentunya memiliki ciri khas dan tradisinya tersendiri. Seperti wisuda ke-56 Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) yang berlokasi di BSI Convention Center (BSI Convex), Bekasi, Selasa (22/11/2022).

Dalam seremonial wisudanya, Universitas BSI selalu mengajak seluruh wisudawan/wati membacakan sebuah janji, yaitu panca prasetya. Yesni Malau selaku dosen Universitas BSI dan koordinator petugas khusus (Paskibra) pada upacara Wisuda ke-56 Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengatakan, pembacaan janji panca prasetya adalah pembacaan janji wisudawan/wati ketika mereka dinyatakan lulus dari Universitas BSI.

Baca Juga

Berikut butir-butir Panca Prasetya Universitas BSI:

1. Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan setia kepada negara republik Indonesia.

2. Mengedepankan kejujuran, etika dan moral dalam melaksanakan tanggung jawab sosial dan berbangsa.

3. Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi, agama, suku, atau golongan.

4. Turut serta dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi demi kemajuan bangsa dan negara.

5. Menjaga dan menjunjung tinggi harkat dan martabat, serta nama baik almamater Universitas Bina Sarana Informatika

Yesni menyampaikan, pembacaan ini dilakukan salah satu wisudawan yang terpilih dan dikawal oleh petugas khusus. Kemudian dalam pembacaannya akan diikuti oleh seluruh wisudawan/wati Universitas BSI.

“Selain itu, petugas khusus itu bertugas mengawal dewan kehormatan ketika memasuki ruangan upacara wisuda. Kemudian mereka juga kembali menjemput dewan kehormatan untuk meninggalkan ruangan upacara wisuda dengan membawa bendera negara Indonesia dan fakultas,” ujar Yesni, Kamis (25/11/2022).

Ada beberapa kriteria menjadi petugas khusus antara lain tercatat sebagai mahasiswa aktif Universitas BSI, serta memiliki keilmuan dasar tentang baris-berbaris. “Namun, jika tidak memiliki keilmuan dasar tentang baris-berbaris. Setidaknya mempunyai minimal tinggi badan 165 sentimeter dan berat badan yang proporsional, serta good looking,” jelasnya.

Sementara itu, ia berharap seluruh wisudawan/wati setelah mendapatkan gelar bisa lebih sukses. Di era pandemi Covid-19 mereka bisa berjuang dengan cara mereka sendiri.

“Jika memang lowongan kerja itu sulit, maka mereka harus lebih mengedepankan inovasi agar mudah dilirik perusahaan. Saya ucapkan selamat kepada seluruh wisudawan/wati, sukses untuk kalian, sehat selalu," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement