Ahad 13 Nov 2022 21:09 WIB

Tak Hanya Survei, Dukungan Faktual pun Menguat Agar Erick Pimpin PSSI   

Erick dianggap tepat untuk mempimpin PSSI gantikan Irwan Bule

Rep: Muhammad Nursyamsi,  Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Nashih Nashrullah
Menteri BUMN Erick Thohir. Erick dianggap tepat untuk mempimpin PSSI gantikan Irwan Bule
Foto: ANTARA/Budi Candra Setya
Menteri BUMN Erick Thohir. Erick dianggap tepat untuk mempimpin PSSI gantikan Irwan Bule

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Masyarakat mengganggap Menteri BUMN Erick Thohir sosok yang paling tepat dalam memimpin PSSI. Hal ini terlihat dari Hasil survei Indikator Politik Indonesia bertajuk "Tragedi Kanjuruhan dan Reformasi PSSI" di Jakarta, Ahad (13/11/2022).

Dalam sejumlah simulasi, baik delapan nama semi terbuka, tiga nama, atau dua nama, Erick Thohir selalu menempati posisi tertinggi yang diinginkan responden untuk menjadi Ketua Umum PSSI. 

Baca Juga

"Erick Thohir sebesar 24,1 persen atau paling banyak dipilih sebagai ketua umum PSSI," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi.

Burhanuddin menyebut Mantan Presiden Inter Milan tersebut dinilai sosok yang paling tepat menjadi orang nomor satu di federasi sepakbola Indonesia berdasarkan pilihan tiap kelompok demografi, wilayah, sebagian besar penyuka olah raga, di tiap kelompok penggemar klub domestik, dan sebagian besar kelompok ormas. 

Burhanuddin mengatakan Erick melampaui tokoh lain seperti Najwa Shihab, Kaesang Pangarep, Mahfud MD, Azrul Ananda, La Nyala, hingga Ratu Tisha. 

"Menurut warga, Erick Thohir merupakan tokoh yang paling pantas menjadi Ketua Umum PSSI menggantikan Mochamad Iriawan (Iwan Bule). Erick cukup menonjol dibanding sejumlah nama lain, bahkan dibanding Iwan Bule sendiri," ucapnya. 

Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Burhanuddin mengatakan penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling.  

Dalam survei ini jumlah sampel sebanyak 1.220 orang. Sampel berasal dari seluruh Provinsi yang terdistribusi secara proporsional. 

Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 1.220 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error--MoE) sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen," kata Burhanuddin. 

Dia mengatakan quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti.

Sebelumnya,  Manajemen tim sepak bola Sriwijaya FC, Palembang, Sumatera Selatan merekomendasikan nama Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir sebagai calon ketua umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023-2027.

“Untuk rekomendasi calon ketua umum, salah satu figur yang cocok dan tepat ya pak Erick Thohir, sebab kita sebenarnya mengharapkan PSSI ke depan lebih baik,” kata Sekretaris PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM), Faisal Mursyid, saat dikonfirmasi di Palembang, Kamis (3/11/2022).

Hal tersebutlah yang menjadi pertimbangan utama bagi manajemen Sriwijaya FC dalam merekomendasikan nama Erick untuk maju sebagai calon ketua umum PSSI selanjutnya.

Adapun, kata dia, pemilihan ketua umum PSSI itu akan dilaksanakan serangkaian pada Kongres Luar Biasa (KLB), yang rencananya dilangsungkan pada Maret 2023 mendatang.

“Tapi pada prinsipnya Sriwijaya FC mendukung apapun yang menjadi keputusan dalam KLB PSSI, yang semestinya November 2023 tapi maju pada Maret 2023 dan pembentukan komite pemilihannya diperkirakan Januari 2023,” jelasnya.  

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement